5 Transfer Kotor Barcelona

CNN Indonesia | Minggu, 14/07/2019 11:52 WIB
5 Transfer Kotor Barcelona Atletico Madrid marah usai Barcelona meresmikan Antoine Griezmann. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perekrutan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid menambah daftar masalah transfer Barcelona yang membuat klub bersangkutan marah.

Blaugrana resmi merampungkan transfer Antoine Griezmann pada Jumat (12/7). Namun, peresmian itu justru membuat Los Rojiblancos marah besar.

Masalah dengan Atletico itu hanya salah satu dari sejumlah persoalan yang dimiliki Barcelona terkait transfer pemain. Sebelumnya, beberapa klub marah saat pemainnya pindah ke Barcelona.


Berikut sejumlah masalah yang dibuat Barcelona yang membuat klub bersangkutan marah dikutip dari FOX Sports Asia:

1. Ousmane Dembele

Pada bursa transfer musim 2017, Borussia Dortmund menolak permintaan izin Ousmane Dembele untuk berbicara dengan Barcelona. Alhasil, Dembele nekat bolos latihan dan terbang ke Spanyol.

Transfer Ousmane Dembele membuat Borussia Dortmund marah.Transfer Ousmane Dembele membuat Borussia Dortmund marah. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Dortmund memberi sanksi kepada Dembele dan menolak penawaran senilai 100 juta euro Barcelona. Karena Dembele ngotot, Die Borussen menaikkan harga jualnya menjadi 145 juta euro atau sekitar Rp2,2 triliun.

2. Philippe Coutinho

Kendati Liverpool telah merilis sebuah pernyataan resmi yang menyebut Coutinho tidak dijual, Barcelona tetap saja tidak peduli.

The Reds juga menolak berbagai penawaran dari Barcelona selama bursa transfer musim 2017. Namun, pembicaraan tentang Coutinho yang dilakukan kubu Barcelona membuat pemain asal Brasil itu pindah ke Camp Nou pada Januari 2018.

3. Neymar

Pada musim 2017/2018 Neymar pindah ke Paris Saint-Germain dari Barcelona. Tetapi di bulan Februari 2018, Neymar menuntut Barcelona ke pengadilan karena dianggap melanggar perjanjian terkait pembayaran bonus.

Pihak Barcelona diklaim Neymar belum membayarkan bonus perpanjangan kontrak pada 2017. Ketika itu Neymar dijanjikan bonus 30 juta euro oleh Barcelona karena setuju memperpanjang kontrak dengan klub.

Pembajakan Malcom oleh Barcelona membuat AS Roma geram.Pembajakan Malcom oleh Barcelona membuat AS Roma geram. (LLUIS GENE / AFP)
4. Malcom

Pada 23 Juli 2018, AS Roma menyetujui harga untuk mendapatkan winger asal Brasil, Malcom, yang ketika itu bermain untuk Bordeaux. Bahkan Malcom sudah dijadwalkan untuk tes medis pada malam harinya.

Tetapi, tanpa disangka-sangka Barcelona membuat pergerakan dengan menawarkan uang yang lebih besar kepada Bordeaux daripada yang dimiliki Roma. Bordeaux membatalkan kepergian Malcom ke Roma, dan mengganti penerbangan menuju Barcelona untuk menyelesaikan transfer.


5. Antoine Griezmann


Atletico Madrid melaporkan Barcelona ke FIFA setelah pemain andalannya Antoine Griezmann dibajak klub asal Catalonia itu dengan harga 120 juta euro (sekitar Rp1,8 triliun). Los Rojiblancos mengamuk usai Barcelona meresmikan perekrutan Griezmann di bursa transfer musim 2019/2020 pada Jumat (12/7) sore waktu setempat dengan durasi kontrak selama lima tahun hingga 2024.

Dilansir dari AS, Los Rojiblancos mengamuk setelah Barcelona hanya menebus mantan pemain Real Sociedad dengan 120 juta euro. Sebelumnya Atletico membanderol Griezman dengan harga 200 juta euro (berkisar Rp3,1 triliun). Atletico juga menuding Barcelona memiliki kesepakatan dengan Griezmann sebelum musim 2018/2019 berakhir. (map/jal)