Liverpool Satu Tahun Tanpa Kalah di Liga Inggris

CNN Indonesia | Jumat, 03/01/2020 05:57 WIB
Liverpool Satu Tahun Tanpa Kalah di Liga Inggris Liverpool sudah tidak terkalahkan di Liga Inggris selama satu tahun. (AP Photo/Jon Super)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liverpool mencatatkan rekor tidak terkalahkan selama satu tahun di Liga Inggris usai mengalahkan Sheffield United 2-0 di Stadion Anfield, Kamis (2/1) malam waktu setempat.

Liverpool kini sudah memainkan 37 laga tanpa sekalipun menelan kekalahan. Skuat asuhan Jurgen Klopp berhasil meraih 32 kemenangan dan hanya lima kali imbang.

Catatan mengesankan itu membuat The Reds mengumpulkan 101 poin sepanjang tahun ini sejak kekalahan terakhir dari sang juara bertahan, Manchester City pada 3 Januari 2019.


Liverpool jadi tim ketiga di Liga Inggris yang berhasil menorehkan rekor tersebut. Tim kota pelabuhan mengikuti jejak Arsenal yang kemudian tidak terkalahkan dalam 49 laga dan Chelsea yang mengukir catatan serupa dengan Liverpool (dari Oktober 2004 sampai November 2005).

Liverpool Satu Tahun Tanpa Kalah di Liga InggrisLiverpool sulit dibendung oleh tim-tim Liga Inggris lain sepanjang tahun 2019. (AP Photo/Jon Super)
Di luar rekor di Liga Inggris, Liverpool juga tidak banyak menelan kekalahan di ajang lain sepanjang tahun 2019. Mohamed Salah dkk hanya kalah dari Wolverhampton Wanderers di Piala FA 2019 dan tim muda mereka takluk 0-5 dari Aston Villa di Piala Liga Inggris pada Desember 2019 lalu.

[Gambas:Video CNN]
Kekalahan lain dialami Liverpool saat gagal jadi juara Community Shield karena kalah adu penalti dari Man City, 4 Agustus 2019.

Sedangkan di Liga Champions musim 2018/2019, Liverpool dua kali kalah. Kekalahan pertama saat ditekuk Napoli dan leg pertama semifinal kontra Barcelona.

Liverpool Satu Tahun Tanpa Kalah di Liga Inggris
Di laga kontra Sheffield, Liverpool menang berkat dua gol yang dijaringkan Mohamed Salah pada menit keenam dan Sadio Mane (64'). Hasil ini membuat Liverpool kokoh di puncak klasemen dengan 58 poin.

Liverpool unggul 13 poin dari Leicester City yang menempati peringkat kedua dan The Reds masih punya tabungan satu pertandingan lagi di Liga Inggris. (jal/jal)