Olimpiade Mundur, Atlet Lolos Kualifikasi Tetap Berhak Tampil

CNN Indonesia | Kamis, 02/04/2020 05:11 WIB
Perubahan jadwal pelaksanaan Olimpiade 2020 tidak memengaruhi status atlet yang sudah memastikan lolos kualifikasi. Olimipade Tokyo 2020 akan diselenggarakan pada Juli-Agustus 2021. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perubahan jadwal pelaksanaan Olimpiade Tokyo 2020 tidak memengaruhi status atlet yang sudah memastikan lolos kualifikasi.

Tiket Olimpiade bagi atlet yang sudah melaju ke kualifikasi tidak akan gugur lantaran pesta olahraga empat tahunan itu baru digelar Juli 2021.

"Tidak ada perubahan apapun bagi atlet yang sudah mendapatkan tiket ke Olimpiade 2020. Sedangkan untuk kualifikasi yang sempat tertunda akan dijadwalkan ulang oleh masing-masing federasi internasional cabornya secara adil. Waktu dan tempat menyesuaikan dengan kondisi terkini di masing-masing negara," ucap Ferry Kono, Sekjen NOC Indonesia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (1/4).


Keputusan kelanjutan kualifikasi Olimpiade tertuang dalam surat yang dikirimkan IOC kepada seluruh anggota NOC di dunia, termasuk Indonesia pada Senin (30/3).
Olimpiade Mundur, Atlet Lolos Kualifikasi Tetap Berhak TampilKevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sudah meraih tiket ke Olimpiade 2020. (Dok. Humas PBSI)
IOC secara jelas menyebut tentang penyesuaian dan peninjauan kembali sistem dan waktu kualifikasi atlet ke Olimpiade 2020.

Lanjut Ferry, IOC dalam waktu dekat bakal segera menggelar rapat koordinasi dengan seluruh pimpinan cabang olahraga Olimpiade untuk membahas lebih lanjut jadwal dan sistem kualifikasi.

"Masing-masing cabor yang sedang dan akan mengikuti kualifikasi untuk terus berkoordinasi dan berkomunikasi dengan federasi internasionalnya masing-masing supaya mendapatkan informasi terbaru. Kami juga di NOC terus mengumpulkan informasi dari IOC supaya bisa diteruskan ke cabor," terang Ferry.
Olimpiade Mundur, Atlet Lolos Kualifikasi Tetap Berhak Tampil

Untuk memfasilitasi adaptasi perubahan perubahan jadwal Olimpiade 2020, IOC disebut bakal memodifikasi sistem kualifikasi.

"Statement penting yang disampaikan Presiden IOC saat conference adalah untuk memberikan dukungan bahwa nanti ketika berkumpul pada 2021, ini akan menjadi perayaan istimewa setelah masa sulit bagi semuanya," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]


(TTF/nva)