ANALISIS

Man Utd Rontok Saat Situasi Genting

Juprianto Alexander, CNN Indonesia | Senin, 11/01/2021 19:05 WIB
Manchester United justru digerogoti persoalan cedera pemain menatap pekan-pekan krusial dalam persaingan memburu gelar Liga Inggris. Manchester United dihadapkan pada persoalan cedera pemain. (AP/Nick Potts)
Jakarta, CNN Indonesia --

Manchester United sedang menuju fase penting dalam perburuan gelar Liga Inggris. Namun, Man Utd kini justru digerogoti persoalan cedera pemain menatap pekan-pekan krusial.

Pelatih Man Utd Ole Gunnar Solskjaer harus menerima fakta satu pemainnya kembali cedera di Piala FA. Solskjaer dibuat cemas karena Eric Bailly harus mengakhiri laga lebih cepat saat Man Utd mengalahkan Watford 1-0 pada babak ketiga Piala FA di Old Trafford, Sabtu (9/1) waktu setempat.

Bailly cedera setelah bertabrakan dengan rekannya sendiri yakni kiper Dean Henderson. Bailly sempat dikhawatirkan mengalami cedera kepala usai benturan tersebut, seperti yang dialaminya pada awal musim lalu.


Namun, Solskjaer memperkirakan mantan pemain Villarreal itu hanya mengalami sakit di bagian leher. Juru racik formasi asal Norwegia itu pun berharap tidak ada cedera serius yang dialami Bailly sehingga tidak perlu absen lama.

Manchester United's Eric Bailly, left, holds off Norwich City's Onel Hernandez during the FA Cup sixth round soccer match between Norwich City and Manchester United at Carrow Road stadium in Norwich, England, Saturday, June 27, 2020. (Catherine Ivill/Pool via AP)Eric Bailly mengalami cedera saat Manchester United mengalahkan Watford di Piala FA. (AP/Catherine Ivill)

"Semoga itu hanya cedera otot. Kami akan memeriksanya besok [Minggu] dan semoga dia tidak absen terlalu lama," ucap Solskjaer usai pertandingan.

Cedera yang dialami Bailly pantas membuat Solskjaer khawatir. Bailly belakangan jadi andalan di jantung pertahanan untuk berduet dengan Maguire, menggantikan peran Victor Lindelof.

Bailly menjawab kepercayaan itu dengan penampilan lugas dan tanpa kompromi yang sudah jadi ciri khasnya selama ini. Bailly juga tak lagi ceroboh dan itu dibuktikan saat mengantarkan Man Utd menang atas Aston Villa 2-1 serta Wolverhampton Wanderers 1-0 di Liga Inggris.

Cedera yang dialami Bailly otomatis menambah daftar pesakitan di skuad Setan Merah. Sebelum menang atas Watford, Solskjaer mengatakan Paul Pogba, Victor Lindelof, dan Luke Shaw tidak masuk skuad karena alasan cedera.

Ketiga pemain ini merupakan tulang punggung tim dalam mengarungi persaingan di musim ini. Tanpa ketiganya plus Bailly maka kekuatan Man Utd diyakini tidak akan lagi sama.

Pogba sama seperti Bailly juga sedang dalam performa yang menanjak dalam beberapa laga terakhir. Sedangkan Lindelof dan Shaw masih belum tergantikan dalam mengawal jantung pertahanan tim walau kerap absen karena cedera.

GIF Banner Promo Testimoni

Jika empat pemain ini harus absen dalam beberapa pekan ke depan maka Man Utd bakal rugi besar. Hal ini lantaran tim pengoleksi 20 gelar Liga Inggris itu sedang dalam momentum bagus untuk menguasai puncak klasemen setelah terseok-seok di awal musim.

Man Utd saat ini menempati posisi kedua klasemen sementara Liga Inggris dengan 33 poin. The Red Devils memiliki poin yang sama dengan pemuncak klasemen Liverpool tetapi punya tabungan satu laga lebih banyak.

Dalam dua laga mendatang, Man Utd akan bersua Burnley (12/1) dan Liverpool (17/1). Dua pertandingan yang bisa menentukan seberapa besar peluang Man Utd meraih gelar yang terakhir kali diraih musim 2012/2013.

Kemenangan di markas Burnley pada laga tengah pekan Liga Inggris akan membuat MU mengambil alih puncak klasemen dengan keunggulan tiga poin atas Liverpool. Bahkan, jika bisa menang atas The Reds di Stadion Anfield, Pogba dkk akan berjarak enam poin dari tim kota pelabuhan.

Keseimbangan MU Berpotensi Terganggu

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK