Piala Eropa: Inggris Tawarkan Diri Jadi Tuan Rumah Tunggal

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 09:47 WIB
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menawarkan diri untuk menggelar seluruh pertandingan Piala Eropa 2020 di Negeri Ratu Elizabeth. Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengutarakan keinginan jadi tuan rumah tunggal Piala Eropa 2020. (AP/Andrew Parsons)
Jakarta, CNN Indonesia --

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menawarkan diri untuk menggelar seluruh pertandingan Piala Eropa 2020 di Negeri Ratu Elizabeth.

Johnson mengaku siap jadi tuan rumah turnamen yang tertunda karena pandemi Covid-19 itu. Bukan itu saja, ia juga mengatakan Inggris siap untuk mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

UEFA selaku otoritas sepak bola tertinggi di Eropa telah menyatakan akan menggelar turnamen sepak bola paling akbar di Eropa itu pada tahun ini. Namun, UEFA belum memberikan kepastian terkait format tuan rumah yang semula dibagi di 12 kota dari berbagai negara itu di tengah pandemi virus corona.


Jika mengacu rancangan awal, Inggris akan jadi tuan rumah Piala Eropa 2020 begitu memasuki babak semifinal dan final. Seluruh pertandingan direncanakan berlangsung di Stadion Wembley.

Inggris sendiri sedang menjalankan program vaksinasi Covid-19 tahap pertama. Sudah lebih dari 20 juta warga Inggris mendapat vaksin.

"Jika mereka [UEFA] memiliki pertandingan lain yang ingin [kami] gelar, kami siap untuk itu," ujar Johnson dalam wawancara eksklusif dengan The Sun seperti dilansir Sport Bible.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Selain mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Eropa 2020, Johnson menegaskan keinginannya agar Inggris bisa jadi tuan rumah Piala Dunia 2030 yang sekaligus jadi perayaan satu abad sejak Piala Dunia pertama kali digelar.

Inggris dan Irlandia telah mengajukan proposal jadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Kedua negara itu akan bersaing dengan beberapa negara lain seperti Spanyol dan Portugal, hingga Maroko yang berniat jadi tuan rumah Piala Dunia bersama Aljazair dan Tunisia.

"Kami sangat, sangat ingin membawa sepak bola ke rumah pada 2030. Saya merasa ini tempat yang tepat," kata Johnson.

"Ini [Inggris] merupakan rumah sepak bola, ini waktu yang tepat. Itu akan jadi suatu hal yang indah."

[Gambas:Video CNN]

(jal/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK