5 Pecatur Terbaik Indonesia Saat Ini

jun | CNN Indonesia
Rabu, 24 Mar 2021 12:41 WIB
Berikut daftar lima pecatur terbaik Indonesia berdasarkan peringkat dari Federasi Catur Dunia (FIDE). GM Susanto Megaranto saat ini menjadi pecatur terbaik di Indonesia. (Rengga Sancaya/ Detikcom)
Jakarta, CNN Indonesia --

Duel antara Irene Sukandar dan Dewa Kipas baru-baru ini membuat olahraga catur Indonesia jadi sorotan publik. Banyak pihak yang bertanya-tanya siapa saja pecatur terbaik Tanah Air saat ini.

Laga Irene Sukandar melawan Dewa Kipas atau Dadang Subur sebenarnya bukan pertandingan resmi. Pertandingan ini dipicu debat sengit di media sosial.

Dadang yang bukan atlet catur nasional bikin kejutan dengan mengalahkan GothamChess dalam pertandingan daring Chess.com. Namun, kemenangan Dadang berbuntut panjang.


Akun Dewa Kipas milik Dadang di-banned Chess.com karena dianggap melakukan kecurangan. Kendati demikian, netizen justru memberikan dukungan penuh kepada Dewa Kipas.

Irene yang merupakan pecatur profesional akhirnya buka suara. Ia menyebut Dewa Kipas mencoreng wajah pecatur Indonesia karena dugaan kecurangan.

Dewa Kipas tak terima dengan tudingan Irene dan malah menantang duel. Irene menerima tantangan dan pertandingan itu disiarkan secara langsung di YouTube Deddy Corbuzier.

Irene membuktikan kualitasnya sebagai pecatur internasional dengan meraih kemenangan telak. Ia sukses mengalahkan Dewa Kipas 3-0 dengan sistem permainan 4x10 menit.

Pertandingan Irene vs Dewa Kipas disaksikan jutaan mata masyarakat Indonesia dan membuat banyak orang tertarik dengan kiprah pecatur Indonesia di level Internasional.

[Gambas:Video CNN]

Berikut daftar 5 pecatur terbaik Indonesia saat ini berdasarkan peringkat Federasi Catur Internasional (FIDE):

1. GM Susanto Megaranto

Saat ini, Susanto Megaranto berada di peringkat teratas daftar pecatur terbaik Indonesia versi Federasi Catur Dunia (FIDE) yang mewadahi berbagai federasi catur di dunia.

Susanto bukanlah sosok asing di dunia catur Indonesia. Ia berhasil meraih predikat Grandmaster yang merupakan gelar tertinggi di dunia catur pada usia 17 tahun.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Catatan tersebut membuat Susanto mengalahkan rekor legenda catur Indonesia, Utut Adianto yang meraih gelar Grandmaster pada usia 21 tahun.

Saat ini Susanto Megaranto tercatat sebagai pecatur Indonesia dengan ELO rating tertinggi versi FIDE dengan 2550 poin per Maret 2021.

Irene Sukandar di Posisi Kelima

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER