PODIUM HIJAB

Ibtihaj Muhammad, Pengubah Citra Atlet Wanita Muslim

CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 16:01 WIB
Ibtihaj Muhammad tenar di Olimpiade 2016 dan dianggap sebagai pengubah citra atlet wanita muslim di pentas internasional. Ibtihaj Muhammad ingin wanita dan pria memiliki kesetaraan. (AFP/FABRICE COFFRINI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ibtihaj Muhammad tenar di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Sejak itu, Ibtihaj dikenal sebagai pengubah citra atlet wanita muslim di pentas internasional.

Ibtihaj Muhammad merupakan atlet anggar putri Amerika Serikat. Dikutip dari Rollingstones.com, atlet 35 tahun tersebut mulai berkompetisi di cabang anggar sejak usia 13.

Meski demikian, Ibtihaj sudah mengenakan hijab sejak kecil. Bahkan wanita kelahiran New Jersey, Amerika Serikat, itu harus sampai menjelaskan kepada teman-temannya apa itu hijab ketika duduk di tingkat sekolah dasar.


Di lingkungannya di New Jersey, keluarga Ibtihaj adalah satu-satunya yang Muslim. Sebagai kaum minoritas, Ibtihaj sudah merasakan beban yang begitu berat ketika kanak-kanak.

Meski demikian, Ibtihaj dan keluarganya tetap konsisten dengan ajaran Islam. Karena hijab juga Ibtihaj memilih olahraga anggar.

Anggar mengharuskan atletnya menutup seluruh tubuh dengan seragam khusus. Seragam tersebut dianggap memudahkannya menjalankan ajaran Islam, karena tidak harus bergonta-ganti ketika bertanding.

"Anggar secara unik mengakomodasi keyakinan agama saya. Jadi, sepertinya ini adalah keputusan yang mudah untuk belajar olahraga," ucap Ibtihaj dikutip dari Hypebae.

Dengan seragam anggar yang tertutup dari ujung kepala hingga kaki, Ibtihaj tidak merasa berbeda dengan atlet lain.

[Gambas:Video CNN]

Hanya saja, beban menjadi seorang Muslim yang taat dan berkulit hitam mulai dirasakan Ibtihaj ketika menembus timnas anggar Amerika Serikat pada 2010.

Pelatih dan rekan satu timnya sempat tidak percaya kepada kualitas Ibtihaj. Akhirnya, anak dari pasangan Eugene Muhammad dan Denise itu pun merasa terpinggirkan karena faktor warna kulit dan agama.

Ibtihaj tidak mundur dengan perlakuan miring tersebut. Dia tetap istiqomah pada anggar dan keyakinannya sebagai wanita Muslim berhijab.

"Menjadi wanita Muslim pertama berhijab di timnas Amerika Serikat adalah perjalanan yang penuh dengan rintangan, tetapi saya tidak pernah menolak kesempatan untuk berolahraga karena keyakinan saya," kata Ibtihaj dalam unggahannya di Instagram baru-baru ini.

[Gambas:Instagram]

Salah satu alasan yang membuat Ibtihaj kuat di anggar dan timnas Amerika Serikat adalah: dengan masuk timnas anggar Amerika Serikat, ia merasa memiliki momen mengubah pandangan banyak orang tentang kaum muslim dan juga Afrika-Amerika di cabor tersebut.

Keimanan Ibtihaj tidak luntur karena pandangan tak lurus banyak orang tentang agamanya. Ibtihaj tetap jadi Muslim yang taat. Ketika libur latihan, dia mengisi waktu kosong dengan beribadah.

Ibtihaj sangat berusaha menghindari membandingkan dirinya yang minoritas dengan kebanyakan atlet Amerika Serikat lain. Dalam benaknya, pesaing terbesar dalam kariernya di anggar adalah dirinya sendiri.

Kesungguhan Ibtihaj di anggar membuahkan hasil mengagumkan pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Ibtihaj jadi anggota tim sabel putri Amerika Serikat yang meraih perunggu usai mengalahkan Italia 45-30 di Olimpiade 2016.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Akan tetapi, di kategori individu, Ibtihaj harus rela kehilangan medali setelah gagal di babak 16 besar.

Prestasi di Brasil itu membuat Ibtihaj jadi atlet Muslim Amerika Serikat pertama yang meraih medali Olimpiade, termasuk anggota tim Amerika yang mengenakan hijab di multi-cabang empat tahunan tersebut.

Berkat kesuksesannya tersebut, Ibtihaj tidak saja dipuji Presiden Barack Obama, namun juga menjadi satu dari 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time.

Setelah Olimpiade 2016, Ibtihaj Muhammad disebut sebagai pengubah pandangan banyak orang tentang atlet Muslim, khususnya yang mengenakan hijab.

Perubahan itu turut menyeret salah satu perusahaan apparel besar dunia, Nike ikut mengampanyekan pro hijab dengan sejumlah produknya.

Ibtihaj: HIjab Adalah Penanda Keimanan Saya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK