Schmeichel: Pemain Denmark Dipaksa UEFA Melawan Finlandia

CNN Indonesia | Senin, 14/06/2021 19:44 WIB
Peter Schmeichel mengklaim para pemain timnas Denmark dipaksa untuk melanjutkan pertandingan usai Christian Eriksen pingsan di Euro 2020 (Euro 2021). Timnas Denmark tetap melanjutkan pertandingan usai insiden Christian Eriksen pingsan. (Pool via REUTERS/WOLFGANG RATTAY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mantan kiper timnas Denmark, Peter Schmeichel, mengklaim Simon Kjaer dan kawan-kawan dipaksa UEFA melanjutkan pertandingan Euro 2020 (Euro 2021) melawan Finlandia setelah insiden Christian Eriksen kolaps di tengah lapangan.

Ayah dari kiper timnas Denmark di Euro 2020, Kasper Schmeichel ini, memaparkan asumsinya saat wawancara dengan ITV's Good Morning Britain pada Senin (14/6), sebagaimana dilansir Irish Times.

Schmeichel mengatakan, pemain Denmark tak punya pilihan lain soal kelanjutan laga Denmark vs Finlandia yang ditunda. Menurutnya, pemain Denmark terpaksa melanjutkan laga sehingga kalah 0-1.


"Saya benar-benar melihat kutipan resmi dari UEFA kemarin, yang mengatakan bahwa mereka mengikuti saran pemain. Para pemain bersikeras untuk bermain. Saya tahu itu tidak benar," katanya.

"Atau begitulah cara Anda melihat kebenaran. Mereka dibiarkan dengan tiga pilihan, salah satunya adalah bermain segera dan memainkan 50 menit yang tersisa," ucap legenda Manchester United itu.

Schmeichel menerangkan, selain melanjutkan sisa 50 menit pertandingan, pemain Denmark diberi dua opsi lainnya. Dua opsi itu adalah melanjutkan laga pada esok harinya dan dinyatakan kalah 0-3.

"Jadi, [pemain diminta] menyelesaikan masalahnya sendiri. Apakah keinginan para pemain untuk bermain? Apakah mereka benar-benar punya pilihan? Saya tidak berpikir mereka punya," ujarnya.

"Seperti yang Anda dengar dari konferensi pers kemarin, pelatih [Kasper Hjulmand], dia sangat menyesal menempatkan para pemain kembali ke lapangan," ucap pria 57 tahun ini menjelaskan.

Banner Euro 2020

Adapun Eriksen kolaps di pengujung pertandingan babak pertama antara Denmark vs Finlandia. Ia tersungkur di tengah lapangan secara tiba-tiba, yang kemudian didiagnosis kena serangan jantung.

Setelah mendapat pertolongan pertama dan dibawa ke rumah sakit, Eriksen dinyatakan terkena serangan jantung. Saat Eriksen dirawat itulah Denmark melanjutkan laga dan kalah 0-1 dari Finlandia.

Setelah kekalahan tersebut, Schmeichel tak yakin timnas Denmark bisa tampil seperti sedia kala. Pasalnya, ada dampak psikologis yang dialami skuad Denmark.

"Sangat sulit untuk mengatakan dengan tepat apa dampak jangka panjangnya [bagi pemain Denmark] dari pengalaman itu. Yang saya tahu, setelah berbicara dengan Kasper [Schmeichel], semua pemain sangat traumatis," ucapnya memungkasi.

[Gambas:Video CNN]

(abd/jal)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK