Defile Indonesia Urutan 22 di Upacara Pembukaan Olimpiade

CNN Indonesia | Kamis, 22/07/2021 18:00 WIB
Defile Indonesia yang berisikan sepuluh orang mendapat urutan ke-22 dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. Stadion Nasional Olimpiade lokasi upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020. (REUTERS/ISSEI KATO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Defile Indonesia mendapat urutan ke-22 dalam upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jumat (23/7).

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk Olimpiade Tokyo, Rosan Perkasa Roeslani, mengatakan Tokyo Organizing Committee Olympic Games (TOCOG) hanya memberikan kuota maksimal 10 orang dari masing-masing negara untuk masuk daftar defile.

"Besok tanggal 23 akan ada upacara pembukaan Olimpiade dan kami dari Indonesia akan termasuk parade dengan maksimum 10 orang yang ikut. Dari panitia hanya disampaikan bahwa kami akan dijemput untuk berangkat pukul 18.00 [waktu Tokyo] dan pemanggilan di nomor urut 22," kata Rosan dalam konferensi pers virtual dari Tokyo, Kamis (22/7).


Tim CdM Indonesia, dikatakan Rosan, sudah menyiapkan 10 orang yang bakal menjadi bagian dari defile kontingen Indonesia di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Mereka adalah dua atlet renang, Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani, serta atlet angkat besi Nurul Akmal dan atlet surfing Rio Waida. Dua nama terakhir merupakan pembawa bendera Indonesia.

Kemudian ada pelatih angkat besi Dirdja Wihardja, pelatih surfing Tipi Jabrik, pelatih panahan Permadi Sandra Wibowo, pelatih renang Donny Budiarto Utomo dan pelatih bulutangkis Rionny Mainaky. Rosan juga akan masuk dalam rombongan defile sebagai ketua kontingen Indonesia.

Banner Live Streaming MotoGP 2021

"Kami memastikan untuk cabang olahraga yang besoknya bertanding tidak kami sertakan di defile untuk menjaga fisik dan kesehatan mereka. Bahkan tanggal 23 sudah ada yang kualifikasi seperti panahan. Tanggal 24 angkat besi dan panahan. Untuk cabor-cabor itu tidak kami ikut sertakan," ucap Rosan.

"Semoga semua lancar dan berjalan dengan baik. Semoga atlet kita tetap selalu sehat dan kondisinya tetap prima untuk bisa menyumbangkan yang terbaik buat negara tercinta kita ini," sambungnya.

Sementara itu Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari memastikan upacara pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar tanpa penonton.

"Itu kebijakan yang diambil TOCOG. Bahkan tiket yang dibeli juga dikembalikan lagi. Panitia juga tidak memberikan tiket untuk para sponsor. Rencananya upacara pembukaan akan dibuka oleh Kaisar Jepang [Naruhito] yang datang sendiri khusus untuk membuka Olimpiade lalu langsung kembali," ujar Okto.

Upacara pembukaan akan dimulai pada pukul 20.00 waktu Jepang atau pukul 18.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]

(TTF/har)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK