ANALISIS

Ronaldo dan Kisah Gol-gol 'Tak Berkelas'

CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 07:21 WIB
Cristiano Ronaldo menunjukkan ketajaman di Manchester United dengan gol-gol di muka gawang yang diidentikkan dengan 'bola nemu'. Cristiano Ronaldo menambah gol di Liga Inggris. (Action Images via Reuters/JOHN SIBLEY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cristiano Ronaldo kembali menghadirkan cerita kebahagiaan bagi fan Manchester United berkat gol yang berujung kemenangan, seperti pada Minggu (19/9) malam ketika The Red Devils mengalahkan West Ham United.

Ronaldo sudah bermain tiga kali bersama Man Utd musim ini. Dalam tiga laga tersebut, Ronaldo selalu mencetak gol.

Gol pertama dilesakkan pada laga debut melawan Newcastle United, Sabtu (11/9). Tembakan Mason Greenwood yang gagal diantisipasi Freddy Woodman lantas dituntaskan Ronaldo.


Gol kedua juga terjadi di laga tersebut. Setelah menerima umpan dari Luke Shaw, Ronaldo melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti.

Ronaldo kembali mencatatkan nama di papan skor ketika Man Utd menghadapi Young Boys di ajang Liga Champions tengah pekan lalu. Gol ketiga untuk Man Utd dihasilkan berkat umpan Bruno Fernandes.

Fernandes pun kembali berperan pada gol keempat Ronaldo ke gawang West Ham yang dikawal Lukasz Fabianski. Fernandes memberi umpan silang, Ronaldo langsung mengarahkan bola ke gawang. Bola masih bisa diamankan Fabianski, namun bola pantul kemudian tak disia-siakan Ronaldo.

Soccer Football - Premier League - West Ham United v Manchester United - London Stadium, London, Britain - September 19, 2021 Manchester United's Cristiano Ronaldo in action with West Ham United's Jarrod Bowen REUTERS/David Klein EDITORIAL USE ONLY. No use with unauthorized audio, video, data, fixture lists, club/league logos or 'live' services. Online in-match use limited to 75 images, no video emulation. No use in betting, games or single club /league/player publications.  Please contact your account representative for further details.Cristiano Ronaldo mencetak tiga gol di Liga Inggris. (REUTERS/DAVID KLEIN)

Dengan deretan gol tersebut, Ronaldo pun kini masuk dalam daftar top skor. Khusus di Liga Inggris, Ronaldo merupakan salah satu dari 10 pemain yang sudah mencetak tiga gol atau hanya terpaut satu gol dari tiga orang yang memuncaki daftar top skor dengan mencetak empat gol.

Di jajaran internal Man Utd, Ronaldo pun memiliki catatan impresif dengan menjadi pemain tersubur ke-17 di kubu Setan Merah menggeser posisi Andy Cole. Ronaldo kini sudah mencetak 122 gol selama dua periode membela Man Utd.

Dalam tiga pertandingan terakhir, Ronaldo menjadi ujung tombak dalam formasi 4-2-3-1. Mantan pemain Sporting Lisbon ini memainkan peran sebagai juru gedor utama tim. Sebelum kedatangan Ronaldo, posisi tersebut diisi pemain seperti Edinson Cavani, Anthony Martial, atau Marcus Rashford.

Dengan bukti empat gol dari tiga laga, Ronaldo bisa dibilang tampil apik atau setidaknya meninggalkan kesan baik di masa awal.

Kendati selalu menyarangkan bola ke gawang lawan setiap kali dimainkan, Ronaldo masih diragukan lantaran tipe gol yang monoton.

Dari empat gol yang dicetak Ronaldo bersama Man Utd musim ini, hanya gol kedua ke gawang Newcastle yang sedikit berbeda. Sementara tiga lainnya agak setipe. Bahkan gol debut ke gawang Newcastle dan gol ke gawang West Ham agak mirip.

Banner Video Highlights MotoGP 2021

Ronaldo menerima 'bola nemu' alias bola muntah atau yang juga disebut bola rebound. Dengan kondisi tersebut, Ronaldo dengan mudah bisa mencetak gol. Apalagi Ronaldo tinggal berhadapan dengan seorang kiper di depan mulut gawang dengan ukuran panjang 7,3 meter dan tinggi 2,4 meter.

Gol Ronaldo pun dianggap mudah dan tidak berkelas. Tidak ada lagi aksi gocek Ronaldo yang diakhiri dengan sepakan akurat.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya...

Ronaldo Adaptasi Ubah Posisi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK