Verawaty Fajrin, Pahlawan Indonesia di Sudirman Cup 1989

ptr, CNN Indonesia | Senin, 20/09/2021 12:49 WIB
Verawaty Fajrin yang sedang berkutat dengan kanker merupakan salah satu pahlawan Indonesia ketika berhasil menjadi juara di Sudirman Cup 1989. Ilustrasi Sudirman Cup. (AFP/LIU JIN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Verawaty Fajrin merupakan salah satu pahlawan Indonesia ketika berhasil menjadi juara di Sudirman Cup 1989.

Verawaty merupakan salah satu pemain yang tampil di babak final Sudirman Cup 1989 ketika Indonesia berjumpa Korea Selatan. Dalam skuad Indonesia saat itu juga terdapat Susy Susanti, Eddy Hartono, Rudy Gunawan, Yanti Kusmiati dan Eddy Kurniawan yang tampil perkasa di hadapan publik Istora Senayan, Jakarta.

Di babak penyisihan, Indonesia berada di grup 1 bersama Korea Selatan dan Inggris. Verawaty dkk berhasil mengalahkan Inggris dengan telak 5-0, kemudian menaklukkan Korea Selatan 4-1.


Hasil itu membawa Indonesia lolos ke babak semifinal untuk bertemu Denmark. Pasangan ganda putra yang diperkuat Eddy Hartono/Rudy Gunawan mengawali perjuangan Indonesia menghadapi Jan Pausen/Henrik Svarrer dengan kemenangan dua gim langsung.

Kemudian disusul kemenangan ganda putri melalui Verawaty Fajrin/Yanti Kusmiati yang mengalahkan Dorte Kjaer/Lotte Olsen juga dengan dua gim. Begitu juga dengan Eddy Kurniawan di tunggal putra, Susy Susanti di tunggal putri yang berhasil mencuri poin kemenangan.

Verawaty yang juga tampil di ganda campuran bersama Eddy Hartono melengkapi kemenangan Indonesia atas Denmark menjadi 5-0 sekaligus memastikan tiket ke final Sudirman Cup 1989.

Di babak final Indonesia menantang Korea Selatan yang sebelumnya berhasil mengalahkan China 3-2 di babak semifinal. Tim Indonesia sempat tertinggal 0-2 dari Korea Selatan.

Baca lanjutan berita ini di halaman berikut >>>

Verawaty dan Eddy Hartono Tentukan Kemenangan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK