Obor Olimpiade Musim Dingin Beijing Dinyalakan, Protes Muncul

CNN Indonesia
Senin, 18 Oct 2021 23:47 WIB
Aktivis HAM bentangkan spanduk bertuliskan Aktris Yunani, Xanthi Georgiou melakukan adegan dalam prosesi pengambilan api di situs Olimpia, Yunani, untuk obor Olimpiade Musim Dingin 2022 di Beijing, Senin (18/10). (Pool via REUTERS/COSTAS BALTAS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Aktivis hak asasi manusia (HAM) membentangkan spanduk bertuliskan "No Genocide Games" dan mengibarkan bendera Tibet pada upacara penyalaan obor yang digelar di Yunani, Senin (18/10), sebagai bentuk protes pelaksanaan Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Dua wanita dan seorang pria aktivis HAM menyelinap melewati barisan polisi yang ketat dan memasuki situs arkeologi serta kuil Yunani kuno yang biasa menjadi tempat api Olimpiade dinyalakan.

Para aktivis tersebut mengangkat bendera Tibet selama beberapa detik setelah obor dinyalakan oleh seorang aktris Yunani.


Tiga pengunjuk rasa berteriak untuk memboikot Olimpiade di Beijing, ketika pejabat yang diundang, termasuk Presiden Yunani Katerina Sakellaropoulou dan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, melihatnya.

Namun, tak lama kemudian polisi langsung mengamankan ketiga aktivis tersebut.

Winter Olympics - Lighting ceremony of the Olympic flame for the Beijing 2022 Winter Olympics - Ancient Olympia, Olympia, Greece - October 18, 2021 A protester holds a Tibetan flag during the Olympic flame lighting ceremony for the Beijing 2022 Winter Olympics REUTERS/Costas Baltas     TPX IMAGES OF THE DAYAktivis HAM melakukan aksi protes saat obor Olimpiade Beijing dinyalakan di Yunani. (REUTERS/COSTAS BALTAS)

Komite Olimpiade Yunani (HOC) yang bertanggung jawab menyelenggarakan acara tersebut mengaku kecewa upacara tersebut telah digunakan untuk tujuan politik.

"Penyalaan api Olimpiade mewakili 3.000 tahun sejarah Yunani dan komitmen untuk perdamaian," kata HOC dikutip dari Reuters.

"Sementara HOC menghormati hak individu atas kebebasan berekspresi, sangat mengecewakan bahwa acara budaya tradisional ini telah digunakan oleh beberapa individu untuk tujuan lain."

Banner Live Streaming MotoGP 2021

Ini adalah kedua kalinya, setelah Olimpiade Beijing 2008, upacara penyalaan obor diganggu dengan aksi protes para aktivis HAM. 

[Gambas:Video CNN]



(rhr/rhr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER