Bendera Indonesia Tetap Bisa Berkibar di Thomas Uber Cup dan SEA Games

CNN Indonesia
Selasa, 10 Mei 2022 06:21 WIB
Raja Sapta Oktohari memastikan bendera Merah Putih tetap bisa berkibar di Thomas Uber Cup 2022 serta SEA Games usai IADO kembali ditegur WADA. NOC terus berdiskusi dengan Menpora dan IADO agar lepas dari ancaman sanksi WADA. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Okto menyebut IADO harus menyelesaikan persoalan ini sebelum 23 Juni 2022. Pasalnya jika tidak rampung maka Indonesia terancam sanksi dan kembali tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih di kejuaraan internasional.

"Begini, mekanismenya mereka sebelum tanggal 23 Juni. Kan mereka kirim suratnya tanggal 23 [April] kemarin juga tuh, kasih batas tanggal 23 Juni, nanti setelah 23 Juni mereka memberikan lagi waktu 21 hari. Kalau enggak dipenuhi langsung sanksi," ucap Okto.

"Saya enggak mau lihat waktunya karena kelihatan lama, padahal sangat sedikit sehingga pihak IADO dan Kemenpora harus intensif. Tadi respons Pak Menteri [Menpora] juga cepat," ucap Okto menambahkan.

Okto pun menyadari jika IADO adalah organisasi baru yang butuh adaptasi. Oleh karena itu dalam menghadapi persoalan ini IADO mendapatkan dukungan penuh dari Kemenpora.

"Jadi IADO kan baru, masih berusaha adaptasi juga. Jadi Kemenpora full support.Kalau dari cara kerjanya saya cukup confident bisa terpenuhi dengan supervisi langsung dari Kemenpora," ucap Okto.

Banner live streaming MotoGP 2022

NOC Indonesia juga terus berkomunikasi dengan Menpora guna membantu IADO keluar dari persoalan tersebut.

"Tadi kita rapat sama Menpora dan IADO. Menpora sudah menginstrusikan langsung agar semua pihak secara serius mengantisipasi WADA. Dari hasil meeting tadi, bolanya itu ada di IADO sehingga IADO diminta secara intensif memberikan laporan harian kepada Menpora supaya semua yang disanksikan tidak terjadi," ucap Okto.

"Tadi hal-hal yang banyak didiskusikan sifatnya administratif, semestinya sih bisa. Tapi harus ada menjaga timeline. Kadang-kadang kalau timeline kelewatan itu bahaya begitu," kata Okto menambahkan.

[Gambas:Video CNN]



(ikw/rhr)
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER