ANALISIS

Siapa Mampu Ganggu Man City dan Liverpool?

Juprianto Alexander | CNN Indonesia
Jumat, 05 Agu 2022 07:52 WIB
Dalam empat musim terakhir tidak ada yang mampu mengimbangi dominasi Manchester City dan Liverpool. Apakah situasi itu berubah di Liga Inggris musim ini? Manchester City berhasil mengangkat trofi Liga Inggris dua musim terakhir. (REUTERS/HANNAH MCKAY)
Jakarta, CNN Indonesia --

Persaingan memperebutkan trofi Liga Inggris akan mulai berlangsung pada Sabtu (6/8) dini hari WIB. Lantas siapa bisa saingi Manchester City dan Liverpool?

Man City dan Liverpool merupakan dua tim yang paling sering bersaing di jalur juara selama empat musim terakhir. Di periode tersebut, Man City tiga kali jadi juara plus satu runner up dan Liverpool sekali mengangkat trofi serta dua kali finis di posisi kedua.

Di luar itu hanya Manchester United yang bisa menembus posisi dua besar. Itu terjadi pada musim 2020/2021 saat The Red Devils masih diarsiteki Ole Gunnar Solskjaer.

Hegemoni Man City dan Liverpool itu bukan tanpa sebab. Man City dan Liverpool didukung materi pemain dan pelatih top untuk membawa mereka jadi yang terbaik, bukan hanya di kompetisi domestik tetapi juga Eropa.

Man City bukan hanya sukses karena gelontoran uang dari Sheikh Mansour semata. The Citizens bisa begitu dominan tentu berkat racikan taktik brilian Pep Guardiola.

Liverpool juga serupa. Faktor kehadiran Jurgen Klopp adalah kunci utama di balik kebangkitan tim kota pelabuhan, tim besar yang sudah begitu lama tertidur.

Man City dan Liverpool juga tidak berhenti berbenah walau sudah punya skuad mumpuni menatap musim baru. Kedatangan Erling Haaland di kubu Man City dan keputusan The Reds mendatangkan Darwin Nunez bisa menjadi tolok ukur.

Hal ini pula yang membuat Man City dan Liverpool tetap berada di posisi paling depan dalam daftar tim kandidat juara. Kendati demikian, dalam kompetisi yang semakin ketat seperti di Liga Inggris, kejutan bukan tidak mungkin terjadi.

Banner live streaming MotoGP 2022

Jika ukurannya komposisi pemain dan pelatih bertangan dingin, Tottenham Hotspur dan Chelsea pantas untuk dikedepankan untuk bisa menghentikan keperkasaan Man City dan Liverpool.

Tottenham begitu agresif di bursa transfer awal musim ini. Presiden klub Daniel Levy yang terkenal pelit kali ini dibuat luluh oleh Antonio Conte.

Conte kini dipersenjatai skuad yang lebih lengkap untuk masuk medan pertempuran Liga Inggris 2022/2023. Enam pemain baru direkrut termasuk Ivan Perisic, Clement Lenglet, dan Richarlison.

Kedalaman tim Tottenham sudah pasti jauh lebih baik musim ini. Dengan racikan Conte, The Lilywhites yang punya pemain sekelas Harry Kane dan Son Heung-min di lini depan patut masuk dalam daftar tim kandidat juara.

Baca lanjutan artikel ini di halaman selanjutnya>>>

MU Belum Layak Masuk Bursa Juara

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER