Subsidi Motor Listrik Rp6,5 Juta, Model Honda-Yamaha Masih Abu-abu

fea | CNN Indonesia
Kamis, 01 Des 2022 07:00 WIB
Pemerintah mewacanakan bakal memberikan subsidi Rp6,5 juta unit untuk pembelian motor listrik pada 2023. Pemerintah mewacanakan bakal memberikan subsidi Rp6,5 juta unit untuk pembelian motor listrik pada 2023. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada harapan harga motor listrik makin murah tahun depan sebab pemerintah mewacanakan mau memberi subsidi pembelian sebesar Rp6,5 juta per unit.

Angka subsidi itu, yang diungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, dikatakan buat mendorong masyarakat membeli motor ramah lingkungan.

"Kalau mau tukar ke motor listrik tahun depan ya. Nanti dapat subsidi," kata Luhut, diberitakan Reuters, Rabu (30/11).

Salah satu kendala motor listrik di Indonesia adalah harganya dinilai masih terlalu mahal. Banderol tinggi ini sebagian besar dipengaruhi harga baterai yang kebanyakan diimpor.

Motor listrik yang dijual di Indonesia saat ini ditawarkan berbagai merek, termasuk lokal dan pendatang baru. Sementara merek motor raksasa seperti Honda dan Yamaha belum main di sektor ini.

Walau begitu Honda sudah menjanjikan bakal meluncurkan dua motor listrik buatan Indonesia pada 2023. Ini bertepatan dengan jadwal pemberian subsidi motor listrik yang kemungkinan bisa membuat harga motor listrik Honda terpangkas.

Sementara Yamaha masih berkutat menguji jalan prototipe motor listrik E01 sampai tahun depan. Belum terlihat modal Yamaha bermain di segmen motor listrik di dalam negeri untuk tahun depan.

Sejauh ini belum ada penjelasan detail tentang skema pemberian subsidi Rp6,5 juta untuk motor listrik itu. Meski demikian Luhut menjelaskan akan ada skema serupa untuk mobil listrik.

Presiden Joko Widodo sebelumnya mengungkap target produksi motor listrik di Indonesia dalam jangka waktu dekat adalah 2 juta unit. Kementerian Perindustrian menyatakan target itu bisa tercapai pada 2024.

[Gambas:Video CNN]



(fea/fea)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER