XL Siap Perluas Jaringan 4G LTE di Bandung

Aditya Panji, CNN Indonesia | Jumat, 13/03/2015 17:48 WIB
XL Siap Perluas Jaringan 4G LTE di Bandung Setelah Jakarta, Yogyakarta, Medan, Bogor, dan Surabaya, jaringan 4G LTE dari XL Axiata akan segera sambangi Bandung. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan telekomunikasi XL Axiata akan segera meluncurkan koneksi 4G Long Term Evolution (LTE) di Bandung, Jawa Barat, setelah menyiapkan infrastruktur jaringan guna menggelar Internet nirkabel mobile generasi keempat tersebut.

Perusahaan menargetkan kehadiran 4G LTE di Bandung tidak hanya dipakai oleh konsumen, tetapi juga oleh segmen bisnis dan pemerintah yang memanfaatkan koneksi Internet dalam operasionalnya.

"Modernisasi jaringan  atau penggantian perangkat baru di Bandung yang terus kami lakukan hingga akhir Maret  2015 membuat performa akses data 4G XL menjadi lebih prima," kata Vice President XL Axiata Central Region, Bambang Parikesit.


Baca juga: Urang Bandung Sudah Bisa Cicipi 4G LTE Telkomsel

Dengan demikian Bandung akan menjadi kota keenam setelah Jakarta, Yogyakarta, Medan, Bogor, dan Surabaya yang akan memiliki jaringan 4G.

Selain XL, Telkomsel lebih dulu mengkomersialkan 4G LTE di Bandung yang diklaim mencakup 100 persen kotamadya Bandung, termasuk titik-titik strategis seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, gedung pemerintahan, daerah residensial, dan tempat wisata.

Empat operator telekomunikasi berlisensi GSM, yaitu Telkomsel, XL, Indosat, dan Tri, saat ini memanfaatkan spektrum frekuensi 900 MHz untuk menggelar 4G LTE. Dalam waktu dekat mereka akan memanfaatkan spektrum 1.800 MHz setelah Kementerian Komunikasi dan Informatika mengizinkan penyelenggaraan teknologi netral pada spektrum tersebut.

Saat ini, pelanggan XL Central Region  mencapai lebih dari 17 juta pelanggan, di Bandung sendiri jumlahnya mencapai lebih dari 3,5 juta pelanggan dilayani oleh sekitar 3.000 BTS 2G, 3G, dan 4G.

Secara nasional, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. (adt/eno)