CEO Apple Kenang Jasa Steve Jobs Mengubah Dunia

Aditya Panji, CNN Indonesia | Senin, 18/05/2015 16:36 WIB
CEO Apple Kenang Jasa Steve Jobs Mengubah Dunia CEO Apple, Tim Cook. (REUTERS/Robert Galbraith)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO Apple Tim Cook mengenang apa yang telah dilakukan Steve Jobs terkait beragam pertanyaannya tentang pekerjaan. Sebelumnya Cook berpendapat bahwa pekerjaan adalah pekerjaan, tetapi Jobs meyakinkan Cook untuk berpikir bahwa sebuah pekerjaan bisa jadi alat dalam mengubah dunia.

Cook mengatakan Apple merupakan tempat yang memungkinkan seorang idealis untuk sukses. Ia diyakinkan oleh Jobs untuk bergabung dengan Apple pada tahun 1998, dan akhirnya bergabung karena terilhami oleh potensi membuat dampak besar melalui teknologi.

"Dia meyakinkan saya bahwa jika kita membuat produk yang hebat, kita juga bisa mengubah dunia," kata Cook saat memberi pidato motivasi kepada mahasiswa George Washington University lulusan 2015 pada hari Minggu. (17/5).


Sebagai contoh, Cook kini melihat fitur yang ada di iPhone, Mac, dan iPad, telah memungkinkan tunanetra untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga mereka.

Cook juga menilai iPhone kini telah menjadi sebuah kamera yang selalu ada di saku sepanjang waktu. Ia ingat betul ketika seorang warga memanfaatkan iPhone untuk merekam dan melaporkan kebrutalan polisi di Amerika Serikat.

"Di Apple, kami percaya bekerja harus lebih dari sekadar meningkatkan diri Anda sendiri, ini tentang meningkatkan kehidupan orang lain juga," kata Cook seperti dikutip dari CNN. "Kami percaya bahwa sebuah perusahaan dengan nilai-nilai dan tindakan mereka yang benar dapat mengubah dunia."

Dalam kesempatan berpidato ini, Cook sama sekali tidak menyebut kesuksesan Apple dalam hal finansial, padahal sampai saat ini Cook menjadi pemimpin di perusahaan Amerika Serikat paling bernilai. Cook lebih memilih untuk mengungkap fungsi general sebuah iPhone, iPad, atau Mac, yang dapat digunakan untuk bermain game dan berbagi video.

Ia juga lebih memberi motivasi kepada mahasiswa yang baru lulus untuk menggapai cita-cita mereka. "Anda harus menemukan Bintang Utara Anda, dan itu adalah pilihan. Beberapa mudah, beberapa sulit, dan beberapa akan membuat Anda mempertanyakan segala sesuatu."

Cook mengakhiri pidatonya dengan mengambil foto bersama para mahasiswa lulusan tahun 2015 dari George Washington University. (adt/eno)