Waze Uji Coba Program Nebeng Mobil

Aditya Panji, CNN Indonesia | Selasa, 07/07/2015 13:24 WIB
Waze Uji Coba Program Nebeng Mobil Ilustrasi pengemudi dan penumpang mobil. (Thinkstock/Maria Teijeiro)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi peta digital Waze yang telah dimiliki Google meluncurkan program percontohan di Israel yang memungkinkan sebuah pemilik mobil pribadi mengetem di suatu tempat lalu bersama mengantar penumpang ke tujuan yang sama.

Layanan baru ini diberi nama RideWith yang memanfaatkan sistem navigasi Waze untuk mempelajari rute yang paling sering ditempuh pengemudi. Sistem ini akan mencocokkan dengan kebutuhan para penumpang yang ingin pergi ke tujuan atau arah yang sama.

"Kami melakukan uji coba beta kecil di area yang lebih besar, Tel Aviv, untuk konsep mobil mengetem,” tulis pihak Waze seperti dikutip dari Reuters.


Lebih lanjut dijelaskan, pengemudi akan dibatasi melakukan dua perjalanan mengantar setiap hari dan tidak dimungkinkan mendapatkan gaji dari RideWith. Langkah ini jadi pembeda layanan RideWith dengan Uber di mana para pengemudi mendapatkan keuntungan.

Namun, tidak menutup kemungkinan pengemudi yang memakai RideWith menagih sejumlah uang secara tunai dari para penumpang mobilnya untuk setiap perjalanan sebagai pengganti uang bahan bakar minyak dan tenaga.

Waze belum mengungkapkan kapan fitur ini bakal diluncurkan secara global.

Waze kini telah dimiliki oleh Google setelah diakuisisi pada dua tahun lalu sekitar US$ 1 miliar. Waze memanfaatkan fitur GPS di ponsel pintar agar terhubung dengan sinyal satelit.

(adt/eno)