Percakapan Ramadan di Twitter Paling Banyak dari Indonesia

Aditya Panji, CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2015 06:00 WIB
Percakapan Ramadan di Twitter Paling Banyak dari Indonesia Logo perusahaan Twitter terpampang di kantor bursa saham New York Stock Exchange (NYSE) pada November 2013. (Andrew Burton/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan media sosial Twitter melaporkan pada Senin (20/7) bahwa ada lebih dari 8,4 miliar kicauan dari seluruh dunia terkait Ramadan dalam sebulan terakhir di platform 140 karakter itu, dan kicauan terbanyak berasal dari Indonesia.

Twitter memperlihatkan peta kicauan terkait Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri pada tahun ini. Selain Indonesia, kicauan besar lain terlihat di Asia Tengah, Timur Tengah, Eropa Barat, Nigeria, hingga Amerika Serikat.

"Dapat dilihat, bahwa percakapan tentang Ramadhan paling banyak terjadi di Indonesia," tulis pihak Twitter dalam siaran pers yang diterima CNN Indonesia.


Khusus kicauan dari Indonesia lebih banyak ditandai dengan kata atau tagar #Lebaran.

Kehadiran media sosial yang memanfaatkan koneksi Internet untuk mengucapkan Selamat Lebaran sudah menjadi tren sejak tiga tahun lalu. Hal ini membuat trafik lalu lintas Internet pada momen Lebaran meningkat pesat.

Hal ini berimbas terhadap menurunnya trafik telepon dan SMS pada operator seluler yang tidak tumbuh signifikan, atau bahkan mengalami kelesuan pemakaian selama momen Lebaran.

Perusahaan telekomunikasi XL Axiata melaporkan, trafik layanan Internet mengalami peningkatan sebesar 11 persen yang dimulai pada dua hari menjelang Idul Fitri. Kemudian pada hari H momen Lebaran trafik meningkat 41 persen dibanding saat perayaan Lebaran 2014 lalu.

Dibanding trafik pemakaian pada hari-hari biasa, XL mencatat penurunan penggunaan layanan telepon sebesar 35 persen. Kemudian untuk layanan SMS juga anjlok sebesar 40 persen.

Sementara Telkomsel mencatat trafik layanan SMS dan telepon masih tumbuh tapi tidak besar, masing-masing 4 persen dan 13 persen pada hari Lebaran dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya. Untuk trafik Internet tumbuh pesar 140 persen dibanding trafik pada periode yang sama pada Lebaran tahun 2014. (adt)