Bahas Investasi, CEO Apple Ajak Makan Malam Jokowi

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Jumat, 16/10/2015 10:48 WIB
Bahas Investasi, CEO Apple Ajak Makan Malam Jokowi Presiden Joko Widodo (kiri) berjalan bersama Presiden ke-3 RI B.J. Habibie (kanan) (Antara Foto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kerja lima hari ke San Francisco dan Washington DC, Amerika Serikat mulai 25 Oktober 2015 mendatang. Jokowi dipastikan akan bertemu akan bertemu petinggi di Apple dan perusahaan teknologi lainnya.

Seperti dilaporkan Reuters, Jokowi dijadwalkan akan duduk bersama dalam sebuah makan malam dengan CEO Apple Tim Cook. Mereka akan membahas investasi di industri timah Indonesisia untuk memastikan logam yang digunakan di iPhone dan produk Apple lainnya.

Indonesia merupakan eksportir timah terbesa di dunia, dengan hampir semua diproduksi di Bangka Belitung.


"Apple ingin berinvestasi dalam industri timah di Bangka-Belitung," ujar Menkopolhukam Luhut Pandjaitan, yang akan menemani Jokowi dalam perjalanan lima hari tersebut.

Dia mengatakan dalam sebuah wawancara di kantornya, "Mereka ingin mendapatkan bahan timah langsung dari sumbernya."

Namun agenda utama lawatan Jokowi ke Amerika Serikat adalah menemui pejabat tinggi Amerika Serikat untuk membicarakan soal kelanjutan kontrak tambang emas yang dikelola Freeport.

CEO Apple (Justin Sullivan/Getty Images)

"Kami melihat perubahan positif pemerintah (Indonesia) terhadap lingkungan investasi yang lebih terbuka," kata Lin Neumann, direktur dari American Chamber of Commerce di Indonesia, setelah pertemuan tertutup dengan para menteri Indonesia, sebelum melakukan perjalanan ke Amerika Serikat nanti.

Ini adalah kunjungan pertama Jokowi ke Amerika Serikat dan memang mencari investasi dengan menitikberatkan pada pertambangan dan internet berkelanjutan. (tyo)