Google Maps Sudah Bisa Dipakai Offline

Trisno Heriyanto | CNN Indonesia
Kamis, 12 Nov 2015 08:07 WIB
Aplikasi peta Google kini bisa sepenuhnya dipakai tanpa sambungan Internet. Ilustrasi (Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi peta Google kini bisa sepenuhnya dipakai tanpa sambungan Internet.

Memang, selama ini fungsi offline di Google Maps sudah tersedia. Tapi itu masih sangat terbatas. Pengguna hanya diizinkan mengunduh wilayah tertentu, dan tidak melakukan navigasi tanpa Internet.

Google memperluas fungsi offline tersebut dalam versi terbaru. Kini pengguna bisa mengunduh peta mana saja yang diinginkannya, sekaligus melakukan navigasi tikungan demi tikungan tanpa sambungan Internet sedikit pun.



Selain itu, masih tanpa sambungan Internet, pengguna juga dapat mencari informasi soal tempat-tempat menarik, toko, pom bensin, restoran, lengkap dengan jadwal operasional mereka. Satu-satunya yang tak bisa diakses hanyalah informasi lalu lintas.

Informasi kemacetan, kecelakaan dan citra foto satelit masih mengharuskan pengguna terhubung ke Internet. Seperti dikutip dari blog resmi Google, Kamis (12/11).

Sayangnya, versi terbaru Google Maps yang bisa dipakai offline itu baru tersedia di Amerika Serikat. Namun harusnya tak butuh waktu lama untuk bisa dipakai di Indonesia.

Rencana Google untuk membuat Maps sepenuhnya offline sebenarnya sudah diungkapkan pada acara Google I/O 2015 yang digelar di San Francisco, Amerika Serikat, Mei lalu.

Ide untuk meluncurkan versi offline Google Maps diawali dengan sulitnya akses internet di sejumah negara seperti India, Filipina dan Vietnam. Indonesia juga disebut Gogole punya akses Internet yang lambat.
(eno/eno)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER