Nama David Bowie akan Tercatat di Langit

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 18/01/2016 16:43 WIB
Nama David Bowie akan Tercatat di Langit David Bowie (REUTERS/Leonhard Foeger/Files)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mendiang David Bowie meninggal dunia pada Senin (11/1) akibat kanker yang dideritanya. Dunia berduka atas kematian pelantun Space Oddity, tak terkecuali para astronom. Mereka sampai memberikan konstelasi bintang untuk sang musisi.

Tampilan Bowie yang nyentrik selalu erat dengan hiasan kilatan petir di wajahnya yang berwarna merah. Bowie juga terkenal kerap menggunakan alam semesta sebagai kunci inspirasinya selama berkarir. Sebut saja sejumlah karyanya yang berjudul Ziggy Stardust, Life on Mars, dan Space Oddity.

Para astronom dari MIRA Observatory, Belgia bekerjasama dengan stasiun radio Studio Brussel mengumumkan bahwa mereka telah mendaftarkan konstelasi yang terdiri dari tujuh bintang untuk Bowie yang cahayanya membentuk kilatan petir seperti di wajahnya.


Tujuh bintang tersebut berada di sekitar planet Mars. Namun proses penentuan konstelasi bintang tersebut diakui cukup sulit.

"Tidak mudah untuk menentukan bintang-bintang mana saja yang pantas," ungkap salah satu ilmuwan Philippe Mollet, mengutip situs The Guardian.

Ia melanjutkan, "Studio Brussel meminta agar kami memberi tempat unik di galaksi untuk Bowie."

Mollet menjelaskan, pemilihan tujuh bintang tersebut mengacu pada album-album Bowie. Ketujuh bintang itu adalah Sigma Librae, Spica, Alpha Virginis, Zeta Centauri, SAA 204132, dan Beta Sigma Octantis Trianguli Australis.
Tanda petir yang menjadi ciri khas Bowie ( Carl Court/Getty Images)

Pembentukan rasi bintang tersebut menjadi bagian dari proyek tribute bertajuk "Stardust for Bowie" di mana para penggemarnya bisa menggunakan Google Sky untuk menambah lagu Bowie yang mereka sukai dengan catatan pendek ke konstelasi versi virtual.

Bowie mengembuskan nafas terakhir di usia 69 tahun. Selain musisi, selebriti, dan tim astronom Belgia, astronaut asal Inggris Tim Peake turut berkabung dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) beberapa hari lalu.

"Sangat sedih mendengar Bowie telah kalah berperang melawan kanker, musik Bowie adalah inspirasi bagi banyak orang," ujar Peake di dalam laman Twitternya. (tyo)