Setahun Windows 10, Microsoft Pamer Fitur 'Baru'

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Jumat, 19/08/2016 17:21 WIB
Setahun Windows 10, Microsoft Pamer Fitur 'Baru' Director Consumer Channel Group Microsoft Indonesia Linda Dwiyanti saat demo fitur terbaru Windows10 (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sistem operasi Windows 10 dari Microsoft telah berusia satu tahun. Sejak diperkenalkan pada 29 Juli 2015, Microsoft memamerkan major updates yang disematkan di dalamnya.

Ada tiga fitur utama yang ditonjolkan Microsoft, yakni sticky notes alias catatan tempel yang sudah akrab di Windows kini lebih ditingkatkan lagi kemampuannya.
Consumer Channels Group Director Microsoft Indonesia Linda Dwiyanti memperlihatkan cara kerja sticky notes tersebut dengan menggunakan stylus tablet.

Pengguna cukup menulis apa yang diinginkan, kemudian sistem Windows 10 bisa langsung membaca kata per kata yang ditulis.


"Misalnya Anda mau pesan penerbangan Garuda 178. Tinggal tulis, lalu klik di bagian penerbangan tersebut. OS ini bisa langsung mengarahkan ke pencarian yang berkaitan dengan hal itu," jelas Linda di acara Microsoft Anniversary Windows 10 di Jakarta, Jumat (19/8).

Istimewanya sticky notes, kolom pencarian dari kata yang diklik pengguna akan langsung muncul di bagian bawah catatan. Jadi, untuk melihat apa yang sedang dicari pengguna tidak diarahkan ke jendela browser lagi.

Selanjutnya ada sketchpad yang memungkinkan pengguna menulis atau menggambar di atas perangkat masing-masing sesuka hati sembari memanfaatkan stylus ataupun mouse.

Sebetulnya mirip dengan fitur paint, namun sketchpad memiliki ruang gerak lebih luas dengan pilihan kuas dan ketebalan tinta yang lebih spesifik.

Bisa dibilang sketchpad berguna untuk para pekerja seni seperti animator. Pencipta komik "Si Juki" Faza Ibnu Ubaidillah yang turut hadir di acara ini mengaku fitur sketchpad cukup berguna untuknya.

"Sketchpad di Windows 10 berguna buat saya untuk aktivitas mobile. Kalau dapat inspirasi, saya bisa langsung tuangkan imajinasi gambar tersebut ke sini," katanya di tempat yang sama.

Meski begitu, Faza mengakui sketchpad memang untuk sebatas menggambar sketsa. Untuk keseluruhan gambar yang butuh layer hingga finishing, ia tetap menggunakan software pihak ketiga.

"Sketchpad tidak menyediakan layer dan pilihan warna juga belum beragam. Fitur ini memang sempurnanya untuk membuat sketsa," sambung Faza.

Fitur ketiga adalah screen sketch yang sebetulnya bukan 'barang' baru bagi perangkat mobile. Pengguna bisa mencorat-coret laman web atau email menggunakan fungsi touchscreen lalu bisa di-screenshot.

Diakui Linda, screen sketch tetap menjadi fitur penting bagi efektivitas pengguna sehari-hari karena mampu memudahkan proses kerja.

"Kalau ada yang mau disoroti dari suatu email atau situs web, pengguna tinggal ambil stylus atau mouse lalu highlight bagian penting, lalu tinggal kirim ke teman. Mudah sekali," kata Linda.

Pembaruan fitur-fitur Windows 10 sudah bisa didapatkan pengguna secara bergulir pada 2 Agustus kemarin.
Namun Linda membocorkan cara cepat untuk mendapatkannya bagi pengguna yang tidak sabar menikmatinya.

"Bisa melalui situs resmi Microsoft kami. Langsung ketik microsoft.com/en-us/software-download/windows10," ujar Linda.

Tercatat hingga kuartal dua 2016 jumlah pengguna Windows 10 untuk skala global mencapai 350 juta user. Meskipun tidak membeberkan jumlah pengguna di Indonesia, Microsoft mengklaim adopsi Windows 10 tercepat dibandingkan beberapa OS pendahulunya. (evn/evn)