Sehari, Snapchat ala Instagram Raih 100 Juta Views

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Minggu, 09/10/2016 08:40 WIB
Sehari, Snapchat ala Instagram Raih 100 Juta <i>Views</i> Logo Instagram (Dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia -- Fitur Instagram Stories yang merupakan hasil jiplakan Snapchat usianya masih sangat 'muda', yakni sekitar dua bulan. Namun fitur tersebut tampaknya berhasil mendapat tempat di hati para pengguna.

CEO Instagram Kevin Systrom membeberkan mengenai popularitas yang digaet fitur Stories di dalam aplikasi berbagi foto dan video tersebut.

Dalam kesempatan berbincang dengan BuzzFeed yang sekaligus sebagai perayaan usia Instagram ke-enam, Systrom mengatakan tercatat ada 100 juta views di fitur Stories.


Angka yang fantastis mengingat usia Stories baru menginjak dua bulan, serta dukungan dari jumlah pengguna Instagram yang per Juni 2016 mencapai 500 juta user secara global.

Hadirnya Stories memang sempat menjadi bahan perbincangan, sebab fitur tersebut betul-betul mirip dengan cara kerja media sosial Snapchat.

Stories dan Snapchat sama-sama memungkinkan pengguna berbagi konten foto dan video yang hanya bertahan selama 24 jam di linimasa, setelah itu langsung menghilang.

Sesaat setelah pertama kali diluncurkan, Systrom pun tak malu untuk mengakui bahwa Stories memang hasil tiruan Snapchat.

Pria usia 32 tahun itu pun kembali menunjukan kepercayaan dirinya terkait Stories yang 'laku keras'.

"Lupakan soal kebanggaan atas hal yang telah diciptakan, baik secara internal maupun eksternal. Apa yang sudah dibuat ternyata berhasil," katanya.

Stories dalam sekejap langsung menjadi pesaing Snapchat, namun pada akhir Agustus lalu, sejumlah firma analisis memaparkan data yang menunjukan bahwa pengguna Snapchat masih setia menggunakan layanannya.


Setelah beberapa pekan Instagram Stories dirilis, tak ada penurunan signifikan terhadap jumlah pengguna Snapchat. Pun begitu dengan jumlah pengguna Instagram.

Berdasarkan panel data dari SurveyMonkey, penggunaan Snapchat dari 1 juta pengguna aktif di Amerika Serikat untuk perangkat Android dan iOS sama sekali tidak berkurang.

Sementara menurut App Annie, menjelang satu bulan Stories hadir, tidak ada peningkatan signifikan terhadap waktu yang dihabiskan para pengguna Stories dan Snapchat. (hnf/tyo)