Ferrari Bakal Boyong 812 Superfast ke Indonesia

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Kamis, 16/03/2017 07:26 WIB
Ferrari Bakal Boyong 812 Superfast ke Indonesia Ferrari 812 SuperFast (Courtesy Ferrari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebagai salah satu produsen otomotif yang terkenal sebagai pembesut supercar, Ferrari turut merilis armada terbarunya pada pameran otomotif Geneva Motor Show 2017. Mobil tersebut diberi nama 812 Superfast, yang disebut-sebut sebagai penerus F12berlinetta.

Apakah lineup terbaru dari pabrikan asal Italia itu akan masuk ke tanah air?

CEO Ferrari Jakarta, Arie Christopher tidak membantah jika mobil tersebut akan turut meramaikan pasar otomotif supercar di Indonesia. Meskipun, dirinya belum memperoleh kabar pasti menganai kapan mobil itu tiba.


"Masih tahun depan, bakal masuk. Saya juga belum dapet informasi," kata Arie di Jakarta.


Kata dia, memang ada kemungkinan kemunculan 812 di Indonesia akan terjadi di tahun ini. Namun, itu bukan dalam penjualan melainkan hanya perkenalan, yang kemungkinan dilakukan pada pameran otomotif tanah air.

"Belum tahu, tapi mobilnya untuk dipasarin di sini tidak tahun ini masih tahun depan," ujarnya.

Ia melanjutkan, enam bulan mendatang, produsen baru akan merubah posisi stir ke kanan, sesuai dengan posisi mengemudi di Indonesia. Mengingat, pada awal produksinya stir diposisikan di kanan. "Dia memang stir kiri dulu, enam bulan kemudian baru stir kanan. Enam bulan untuk ke kanan," kata Arie.

Sekedar informasi, generasi terbaru dari Ferrari ini akan menggendong mesin V12 dengan kapasitas 6,5 liter. Dengan mesin tersebut, nantinya mobil itu dapat menyemburkan tenaga sekitar 788,7 hp dengan torsi 718 Nm di RPM 7000. Untuk kecepatan maksimumnya, ialah 340 km per jam serta hanya membutuhkan durasi 2,9 detik dari 0-100 km/ jam.


Mesin tersebut juga dipadukan dengan transmisi dual-clutch. Penyempurnaan pada tipe transmisi tersebut akan memberi respon lebih cepat dari sebelumnya.

Bertenaga besar, produsen juga turut menyematkan beberapa sistem agar pengemudi dapat lebih mengontrol kendaraan saat dikemudikan secara maksimal. Misalnya, Side Slip Control (SSC), Virtual Short Wheelbese 2.0 System (PCV) sebuah software yang meminimalisisr waktu respons mobil.

Mengenai tampilan dalam maupun luar, tentunya Ferrari tidak menghilangkan ciri khas. Kesan sporty dan mewah masih menjadi ciri utama mobil tersebut. Lalu, produsen juga memberi kenyamanan pada bagian kabin dengan ruang lebih lapang yang dipadukan kesan sporty dan mewah pada detailnya.