Pramugari Bikini VietJet dan Sensasi di Internet

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Selasa, 11/04/2017 16:20 WIB
Pramugari Bikini VietJet dan Sensasi di Internet Salah satu pesawat VietJet (REUTERS/Kham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Maskapai asal Vietnam VietJet dikabarkan membuat rute penerbangan ke Indonesia. Kehebohan muncul, karena VietJet di masa lalu pernah membuat sensasi, khususnya di masa lalu.

Ya, saat pertama kali diluncurkan tahun 2012, VietJet dikenal sebagai maskapai yang berani menampilkan pramugarinya dengan menggunakan bikini. Bahkan dunia maya sempat heboh dengan video di YouTube menampilkan ‘Bikini Show’.
[Gambas:Youtube]
Dan memang, pramugari dengan pakaian minim dan Bikini Show adalah salah satu bentuk strategi promosi yang mereka usung untuk menarik penumpang. Dan terbukti, cara VietJet langsung membuat mata terbelalak.

Riuh pun sempat terlontar di linimasa Twitter, dan sebagian besar adalah pria yang menganggap VietJet akan menjadi maskapai idaman. Walaupun saat itu rute penerbangan masih terbatas.



Sensasi pramugari dan bikini show membuat otoritas penerbangan Vietnam geram. VietJet pun didenda karena dianggap melanggar aturan terhadap tugas pramugari dalam kabin yang seharusnya hanya melayani kebutuhan para penumpang, bukan menyuguhkan acara lain.

Setelah denda tersebut diberikan, bukan berarti sudah tidak ada rute VietJet yang dilayani oleh pramugari berbikini.

Sekarang ini pramugari berbikini khusus untuk penerbangan perdana ke rute yang ada wisata pantai saja.

Di Indonesia pun Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai pakaian bikini pramugari maskapai penerbangan murah (Low Cost Carrier/LCC) asal Vietnam, VietJet Air, tidak sopan.

Untuk itu, selain mensyaratkan dipenuhinya aspek teknis dan operasional, maskapai harus menyesuaikan pakaian pramugarinya jika ingin membuka rute penerbangan langsung ke Indonesia.

"Mesti sopan kalau di sini (Indonesia)," tutur Budi dalam acara Coffee Morning dengan media di Kementerian Perhubungan, Selasa (11/4).

Kendati demikian, Budi mengaku belum menerima permohonan izin penerbangan terkait pembukaan rute internasional dari VietJet Air. "Belum ada (permohonan izin dari VietJet Air)," terangnya.