XL Fokus Garap Pengguna Pascabayar

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 13/04/2017 16:36 WIB
XL Fokus Garap Pengguna Pascabayar Dian Sastrowardoyo saat peresmian gerai XL Prioritas di gandaria City, Jakarta, Kamis (13/4). (Foto: CNN Indonesia/Eka Santhika Parwitasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- XL akan fokus mengembangkan segmen bisnis pascabayar miliknya. Perusahaan telekomunikasi milik grup Axiata ini menargetkan untuk meningkatkan jumlah pelanggan prabayar mereka hingga lima persen dari total pelanggan XL.

Saat ini diketahui jumlah total pelanggan XL sebanyak 46,5 juta pengguna. Sementara jumlah total pengguna pascabayar mereka saat ini sekitar 600ribu pengguna. Hal ini disebutkan Lira Filiola, General Manager Postpaid Marketing.

Ini berarti total pengguna pascabayar XL saat ini hanya 1,2 % saja. Dengan demikian diharapkan terjadi peningkatan pengguna pascabayar sebanyak 3,8% dalam tiga tahun mendatang.

Dari total lima persen pelanggan tersebut diharapkan bisa memberi kontribusi 10 persen dari total pendapatan XL pada 2020. Angka kontribusi pendapatan pengguna prabayar lebih besar dari pengguna prabayar lantaran penggunaan para pelanggan pascabayar yang lebih besar dari pengguna prabayar.


Rata-rata pengguna prabayar menghabiskan Rp30ribu perbulan. Sementara pengguna pascabayar menghabiskan Rp200ribu-Rp300ribu perbulannya. Disparitas harga yang cukup tinggi inilah yang menyebabkan manajemen XL berkomitmen untuk meningkatkan pelanggan pascabayar mereka.

"Pelanggan pasca lebih memberi value dan komitmen berlangganan. Sehingga korporasi memutuskan untuk fokus meningkatkan pengguna pasca bayar," tambahnya lagi.

Dari total 600ribu pelanggan prabayar tersebut, sebanyak 225000 diantaranya adalah pelanggan XL Prioritas. Angka ini meningkat 25 persen dari total pengguna XL prioritas tahun lalu. Sisanya adalah pelanggan XL Pasca bayar dan pelanggan korporasi.

Peningkatan ini disebutkan Lira disebabkan adanya pembaruan tawaran paket pasca bayar yang ditawarkan XL prioritas ketimbang paket langganan XL pascabayar yang ada sebelumnya. "pelanggan XL pascabayar juga bisa berpindah paket ke XL prioritas," terangnya.