Jelang Mudik, Coverage Telko di Batam Perlu Diperluas

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Sabtu, 03/06/2017 02:16 WIB
Jelang Mudik, Coverage Telko di Batam Perlu Diperluas Menkominfo Rudiantara memulai kegiatan pengujian performansi jaringan telekomunikasi dan penyiaran untuk Hari Raya Idul Fitri 1438H di Gedung Kominfo, Selasa (23/5). (CNN Indonesia/Kustin Ayuwuragil)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Badan RegulasiTelekomunikasi Indonesia (BRTI) serta seluruh operator telekomunikasi mengumumkan hasil uji jaringan dalam rangka persiapan menyambut Lebaran 1438 H di Batam.

Komisioner BRTI Muhammad Imam Nashiruddin dalam keterangan tertulisnya menerangkan bahwa hasil pengujian seluruh operator dinyatakan siap melayani dengan maksimal mudik kota Batam.

Kendati demikian, seluruh operator juga diminta untuk memperbaiki coverage khususnya di jaringan mobile internet pada beberapa titik di Batam yang masih belum baik.


Batam sendiri merupakan satu dari 10 kota yang akan diuji kelayakan jaringan telekomunikasinya. Kota ini dipilih pertama kali karena merupakan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau.

Batam juga dikategorikan sebagai salah satu titik keberangkatan mudik bersama dengan Jakarta dan Balikpapan.

Pengujian jaringan sebelum Lebaran sudah menjadi ritual seluruh operator telko setiap tahun. Biasanya, akan ada lonjakan dan pergerakan trafik telekomunikasi selama arus mudik, Lebaran hingga arus balik. Kenaikan trafik di Batam diproyeksikan sebesar 150 persen dibanding hari biasa.

"Jaringan telekomunikasi harus dipastikan mampu menampung kapasitas dan melayani mobilitas masyarakat Indonesia yang akan mudik. Hal ini merupakan salah satu bentuk dari fungsi BRTI untuk memantau penerapan standar kualitas layanan oleh operator,” terang Imam melalui pers rilisnya kepada CNNIndonesia.com.

Sementara itu, pengujian dilakukan terhadap dua kategori yaitu jaringan telekomunikasi dan fasilitas pendukung. Pengujian jaringan telekomunikasi seluler yang dilakukan salah satunya adalah Drive Test dengan menggunakan metode pengujian yang sudah ditentukan. Objek uji meliputi cakupan dan kualitas sinyal, Layanan Telepon, Layanan Pesan Singkat (SMS) dan Layanan Mobile Internet.

Pengujian yang dilakukan sejak awal Mei ini dipusatkan di pada titik-titik yang diperkirakan menjadi keberangkatan mudik dari Batam antara lain Bandara Hang Nadim untuk Moda Pesawat Terbang, serta dari Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Punggur, Harbour Bay dan Waterfront (Nongsa) untuk Moda Angkutan Laut.  

Selain jaringan, BRTI juga melakukan kunjungan ke setiap operator untuk pengecekan fasilitas-fasilitas yaitu pelayanan pelanggan dan call center, distribusi voucher, network operation center (command center), disaster recovery management, serta fasilitas pendukung lainnya.