Fuji Xerox Hadirkan Mesin Cetak Untuk Packaging Produk

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 07/06/2017 18:03 WIB
Fuji Xerox Hadirkan Mesin Cetak Untuk Packaging Produk Fuji Xerox Durst Tau 330 Series (Dok. Astragraphia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berdasarkan data dari IDC (2016), industri percetakan di seluruh dunia terus berkembang pesat hingga tahun 2017 yang mencapai US$ 9 miliar atau setara Rp 120 triliun.

Angka tersebut mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan tahun 2012 yaitu USD 5,3 miliar. Disebutkan juga bahwa industri penerbitan, percetakan, packaging dan iklan akan terus tumbuh sebanyak 12 persen di tahun 2017 ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk kawasan Asia Pasifik.

Di Indonesia sendiri, industri penerbitan tumbuh 14,9 persen. Diikuti dengan dengan pertumbuhan industri packaging yang naik 13,2 persendan industri periklanan 12,1 persen.


Melihat perkembangan ini, Astragraphia Document Solution selaku pemimpin di bidang solusi dokumen terus mempertegas komitmennya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Sebagai distributor resmi Fuji Xerox di Indonesia, Astragraphia terus berusaha menghadirkan mesin-mesin dan solusi yang paling mutakhir di Indonesia, salah satunya yaitu inovasi teknologi cetak untuk cetak labelling dan packaging.

Pada diskusi Print CEO Talk yang berlangsung beberapa waktu lalu, Astragraphia Document Solution, mengumumkan hadirnya beberapa produk tersebut.

Untuk solusi labelling, kini sektor industri dapat memiliki pilihan dari mesin Fuji Xerox Durst Tau 330 Series, mesin ini cocok digunakan untuk label industrial dan security type, elektronik, otomotif, label cat, hingga makanan dan minuman, body & health care dan produk rumah tangga lainnya.

“Fuji Xerox Durst Tau 330 Series dirancang untuk mengubah pekerjaan cetak yang memakan banyak waktu pada pencetakan tradisional menjadi lebih cepat, efisien dan profitable,” ujar Agatha Putra, Production Sales Operation Dept. Head, melalui keterangan resminya.

“Printer ini menghasilkan gambar cetak yang cepat mengering dengan menggunakan bahan substrat seperti kertas film, plastik, alumunium foil dan label dengan menggunakan tinta UV digital yang mengering lebih cepat dibanding tinta biasa,” tambahnya.

Pada diskusi tersebut, team Astragraphia juga memperkenalkan solusi cetak untuk packaging melalui mesin Xerox iGen 5 Press, salah satu teknologi terbaru pada dunia digital press yang inovatif.

iGen 5 memiliki 5 pilihan station, sehingga pengguna dapat menambah atau bermain dengan efek cetak yang lebih varian dan didukung dengan kecepatan ganda. Salah satu fitur yang sangat spesial dari mesin ini adalah pilihan tinta kelima yaitu: green/orange/blue sehingga kualitas hasil cetak menjadi lebih nyata dan memukau.

Sebagai wujud nyata dukungan Astragraphia dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan industri kreatif tanah air, kedua produk Fuji Xerox tersebut telah hadir dan dipasarkan di Indonesia.