Komentar di Postingan Facebook Kini Bisa Pakai GIF

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Senin, 19/06/2017 07:36 WIB
Komentar di <i>Postingan</i> Facebook Kini Bisa Pakai GIF Facebook kini menyertakan format GIF saat pengguna mengomentari status teman. (Foto: Courtesy By Facebook)
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook memberikan cara baru untuk mengomentari postingan teman selalin menggunakan teks dan stiker, yakni dengan menggunakan GIF.

Format ini akan tersedia ketika pengguna ingin mengomentari status atau postingan teman. Sebuah tombol GIF akan tersedia di antara tombol kamera dan stiker.

Cukup mengetikkan komentar apa yang ingin diberikan dan sejumlah GIF yang sesuai akan muncul. Pencarian GIF juga sudah mengenali penggunaan bahasa Indonesia.

Format GIF sebenarnya sudah lebih dulu tersedia untuk pengguna Messenger. Pengguna layanan pesan instan tersebut sudah bisa menggunakan GIF saat berkomunikasi secara personal dan dalam grup.


Facebook mencatat sepanjang tahun 2016 pengguna Messenger sudah mengirimkan sekitar 13 triliun GIF atau sekira 25 ribu GIF per menit. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat dibandingkan setahun sebelumnya.

Layanan besutan Mark Zuckerberg ini juga mencatat pengguna Messenger dengan lebih dari 400 juta GIF dikirimkan di tahun 2017 dan menjadikannya sebagai format untuk berkomunikasi paling populer.

Sementara itu, Facebook menggandeng GIPHY Studios untuk menciptakan 20 GIF yang bisa digunakan saat memberikan komentar di postingan teman.