Tips Belanja Online Saat Harbolnas 12.12

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Kamis, 16/11/2017 19:33 WIB
Ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum berburu diskon saat Harbolnas 12.12. Apa saja? Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum berburu diskon Harbolnas. (dok. Thinkstock/Creativa Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Belanja Online Nasional (Harbollnas) tahun ini diperkirakan akan berlimbah promo dan lebih besar lantaran ada lebih banyak pelaku UMKM yang terlibat. Ajang diskon besar-besaran diklaim telah dinanti pencinta belanja.

Ketua Panitia Harbolnas 2017, Achmad Alkatiri memberikan tips agar pemburu diskon tak menjadi korban promo belaka.

Yang pertama menurutnya, konsumen harus bisa menjadi pembeli cerdas. Dengan kata lain, tidak mudah tertipu dengan disko palsu atau barang yang tak berkualitas.


"Harus menjadi pembeli cerdas dengan membaca deskripsi produk dengan baik dan teliti agar untuk menghindari penipuan yang kerap hadir saat Harbolnas," ungkap Achmad usai konferensi media di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Kamis (16/11).

Ia juga mengatakan, ada waktu terbaik untuk berburu produk diskon. Saat tengah malam menjadi waktu tepat mendapatkan promo harga terbaik.

"Perhatikan juga penawaran saat tengah malam. Karena biasanya penawaran-penawaran yang luar biasa justru keluar ketika tengah malam," pungkasnya.

Terkait waktu berburu produk diskon, Nielsen merilis waktu paling ramai pengunjung saat Harbolnas 2016. Pukul 09.00 hingga 15.00 serta 18.00 hingga 21.00 menjadi waktu paling tinggin pengguna internet berburu produk diskon.

Disamping pembeli juga memilih waktu di luar jam-jam itu untuk berbelanjan lebih nyaman.

Tahun ini, Achmad menegaskan akan ada banyak produk lokal binaan Bekraf di bagian terpisah agar mudah dijangkau.

"Jadi Bekraf itu memiliki UKM-UKM binaan yang mereka adalah produsen misalnya jam tangan dari kayu dan lainnya. Kita sedang mengeksplorasi satu bagian khusus untuk UMKM kreatif Indonesia, namanya pojok kreatif produk di situs Harbolnas yang akan diluncurkan 6 Desember nanti," tutupnya.

Waktu penyelenggaraan Harbolnas tahun ini dipastikan hanya sehari yakni pada 12 Desember yang melibatkan lebih dari 200 e-commerce dan UMKM. (evn/evn)