Uji Produk

Menjajal Tablet Pengubah Gurat di Kertas Jadi Format Digital

Fajrian & Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 02/05/2018 08:05 WIB
Wacom Bamboo Folio otomatis ubah goresan kertas ke bentuk digital (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bagi sebagian orang, mencatat atau membuat sketsa di atas kertas masih menyimpan kenyamanan tersendiri. Tapi masalah muncul ketika buku catatan itu tak terbawa.

Wacom Bamboo bisa menjadi penjembatan masalah ini. Perangkat ini membebaskan penggunanya untuk mencatat dan membuat sketsa di atas kertas, namun bisa menyimpan hasilnya dalam bentuk digital. Sehingga, tak peduli dimana buku tersimpan, hasil catatan dan sketsa tetap terbawa.

Selain itu, pengguna juga tak perlu repot memindahkan berulang kali setiap catatan yang sudah dibuat ke dalam bentuk digital. Sebab, tulisan tangan pengguna juga bisa langsung diubah dalam bentuk teks.


Rahasianya terletak pada smartpad yang menjadi alas produk ini. Smartpad tersebut memiliki sensitivitas tinggi dan mampu merekam tekanan pena. Jadi, dengan menempatkan kertas diatas smartpad, semua goresan pengguna akan diingat.

Wacom selama ini lekat dengan predikat perangkat gambar digital yang dipasangkan ke perangkat komputer. Namun, Wacom belakangan juga menghadirkan perangkat yang bisa dipasangkan dengan perangkat mobile dengan sistem operasi Android atau iOS.

Seri ini memiliki dua tipe, Slate dan Folio. Bamboo Slate hanya berupa tablet polos dengan torehan dibagian atas perangkat. Torehan ini digunakan untuk menyelipkan buku notes yang akan digunakan menggambar. Sementara versi Folio terdiri dari smartpad yang dibungkus sampul, sehingga menyerupai buku agenda.

Menjajal Tablet Ubah Goresan di Kertas Jadi Format DigitalWacom Bamboo Folio menggunakan sampul yang menyerupai buku agenda dengan tombol multifungsi dibagian tengah. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Lewat aplikasi Inkspace, goresan yang ada di atas smartpad bisa disinkronisasikan ke perangkat. Jadi, ketika smartphone tidak dibawa, sinkronisasi bisa dilakukan belakangan.

Sebab, smartpad bisa mengingat hingga 100 lembar dan dipindahkan kemudian ke Inkspace ketika smartpad ini dihubungkan kembali. Perangkat ini juga dilengkapi dengan penyimpanan 5GB yang diklaim bisa muat untuk menyimpan hingga lebih dari 6000 halaman. (eks)

1 dari 3