Kata 'Idiot' Google Images Munculkan Wajah Donald Trump

JNP, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 09:34 WIB
Kata 'Idiot' Google Images Munculkan Wajah Donald Trump Google image menampilkan gambar Donald Trump saat mengetikkan kata 'idiot'. (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Netizen akan menemukan kumpulan foto Presiden Amerika Serikat Donald Trump di bagian teratas Google Images apabila mengetikkan kata "Idiot" di mesin pencari Google. Sejumlah Netizen memanipulasi algoritma mesin pencarian google untuk melakukan protes unik kepada Presiden Amerika Serika ke-45.

Dilansir dari CNET, manipulasi ini merupakan kampanye oleh para aktivis daring yang tidak menyukai kebijakan Trump. Manipulasi algortima ini dilakukan oleh user situs Reddit yang menautkan foto Trump dengan kata kunci idiot. Para pengguna Reddit ini kemudian melakukan upvote postingan foto Trump yang dikaitkan dengan kata idiot.

Sistem algoritme Google membantu mengorganisir dan memprioritaskan informasi dalam hasil pencarian. Algoritme dalam mesin pencarian ini membuat Google menjadi salah satu perusahaan terkuat di dunia. Kendati demikian, algoritme ini juga memberikan perusahaan ini bermasalah.


Pada 2009, muncul foto ibu negara Michelle Obama yang cukup ofensif. Ketika netizen mengetikkan "Michelle Obama", muncul karikatur yang mengedit wajah Michelle sehingga memiliki fitur yang mirp dengan monyet.

Pada 2015, fitur pengategorian otomatis foto juga memiliki sebuah bug. Seorang pengembang web berkulit hitam mengaku bahwa ia dan temannya diberikan label sebagai "gorila". Saat itu Google segera meminta maaf.

Atas masalah ini, Google mengunggah iklan yang menjelaskan cara kerja algoritme untuk memunculkan hasil pencarian.

"Mesin pencari merupakan cerminan dari konten dan informasi yang tersedia di Internet. Peringkat situs di hasil pencarian Google sangat bergantung pada algoritma komputer menggunakan ribuan faktor untuk menghitung relevansi halaman dengan permintaan yang diberikan," kata Google pada tahun 2009.

Meskipun Google tidak campur tangan dalam hasil pencarian, pihak perusahaan tidak secara teratur melakukan perubahan sistem algoritme. Padahal pada tahun 2010, Google mengatakan bahwa secara rutin Google merubah algoritme minimal sekali dalam sehari. (age/age)