iPhone Gandeng Smartfren Implementasi Teknologi eSim

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/09/2018 15:58 WIB
iPhone Gandeng Smartfren Implementasi Teknologi eSim Ilustrasi simcard. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Deputy CEO of Commercial Smartfren Djoko Tata Ibrahim mengatakan pihaknya fokus untuk menyongsong teknologi eSIM yang meniadakan bentuk fisik kartu SIM. Teknologi eSIM sudah diterapkan di trio iPhone teranyar, XS, XS Max, dan XR.

Bahkan ia mengklaim kemungkinan Smartren akan menjadi operator pertama di Indonesia yang memiliki teknologi eSIM.

"Kalau kita usahakan fokus di sini, Smartfren akan jadi operator pertama yang pakai eSIM. Mungkin butuh klik lagi. Tapi tidak ada masalah dari teknologi kami," ujar Djoko di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (18/9).


Kendati demikian, Djoko menolak menjawab saat ditanya kapan Smartfren menerapkan eSIM. Intinya, Djoko meyakinkan bahwa teknologi Smartfren sudah mengarah ke teknologi eSIM.
"Belum tau, tunggu tanggal mainnya. Tim kami sudah cukup lama bekerja, sudah beberapa bulan kebelakang. Kami sudah mengarah ke sana. Teknologi kita akan coba ke sana," tuturnya.

Pada tahun lalu, Smartfren menjadi satu-satunya operator yang melakukan kerja sama bundling dengan Apple saat peluncuran iPhone X. Oleh karena itu apabila Smartfren hendak melakukan kerja sama dengan Apple untuk melakukan bundling ke tiga iPhone teranyar, maka Smartfren harus siap utuk menyediakan teknologi eSIM.

Pasalnya tiga iPhone terbaru mengusung teknologi dual eSIM. Khusus untuk China, Makau, dan Hong Kong, Apple menyediakan tiga iPhone dua varian dual slot kombinasi eSIM dan nano SIM Card.

Belum diketahui varian dual SIM mana yang akan masuk ke Indonesia. Fanboy di Indonesia juga belum dapat dipastikan kapan bisa menjajal tiga iPhone teranyar ini.
Konsumen Indonesia dinilai akan rugi apabila operator belum siap menyongsong eSIM, meskipun varian dual slot kombinasi eSIM dan nano SIM Card yang masuk ke Indonesia.

Pasalnya konsumen di Indonesia tidak akan bisa menikmati teknologi dual SIM pertama yang diusung oleh iPhone. Konsumen Indonesia hanya bisa menggunakan satu slot fisik di iPhone terbaru.

"Kami official atau authorized partner dari mereka. Jadi semua produk akan bundling kerja sama dengan mereka. Pada waktunya akan kami datangkan tiga iPhone terbaru," ujar Djoko. (jnp/age)