Tips Sukses Akses Situs Lowongan CPNS 2018

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/09/2018 20:32 WIB
Tips Sukses Akses Situs Lowongan CPNS 2018 Ilustrasi tes CPNS. (Foto: CNNIndonesia/Elise Dwi Ratnasari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal dibuka secara nasional pada Rabu (26/9). Masyarakat dapat mendaftarkan diri sebagai CPNS di situs pendaftaran CPNS Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN) yakni sscn.bkn.go.id.

Layaknya sejumlah situs lain yang juga kerap diakses oleh banyak orang dalam waktu bersamaan, situs ini seringkali down saat hendak diakses oleh publik.

Pada Rabu lalu (19/9) situs tersebut sudah sempat down saat calon pendaftar berusaha mengakses lowongan penerimaan CPNS di masing-masing kementerian/lembaga/ pemerintah daerah.



Menanggapi hal ini, pengamat teknologi informasi dari Vaksincom Alfons Tanujaya memberikan dua tips untuk para pendaftar dalam mengakses laman situs pendaftaran CPNS. Pastikan sebelum membuka situs, Anda sudah pilih opsi 'clear cache' dan 'clear cookies' pada 'history' mesin peramban (browser).

Tips pertama adalah untuk mengakses situs pada waktu-waktu yang tidak 'ramai klik.'

"Kalau untuk masyarakat ya pilih kira-kira saat orang lain tidak akses, seperti tengah malam atau jam dua pagi," kata Alfons saat dihubungi CNNIndonesia.com pada Rabu (19/9).

Sebuah situs biasanya down atau sulit diakses ketika situs tersebut dibanjiri klik atau hit dalam waktu yang bersamaan. Oleh sebab itu, mengakses situs saat tidak banyak orang lain mempermudah pengguna untuk masuk ke situs tersebut.

Sedangkan, tips kedua berkaitan dengan persebaran kecepatan koneksi internet di Indonesia yang belum merata. Alfons menyebut, koneksi internet yang cepat dan stabil baru tersedia di kota-kota tertentu, salah satunya Jakarta.

"Mungkin bisa minta saudara atau rekan yang memiliki koneksi broadband di Jakarta untuk membantu mengakses dan memasukkan datanya," tutur Alfons. (RBC/evn)