Duka Otomotif Indonesia karena Gempa Palu-Donggala

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 10:50 WIB
Duka Otomotif Indonesia karena Gempa Palu-Donggala Kerusakan akibat gempa di Donggala. (Foto: AFP PHOTO / MUHAMMAD RIFKI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bencana gempa bumi berkekuatan 7,7 SR yang terjadi di sebagian Sulawesi Tengah, berujung duka pada industri otomotif. Sejauh ini diketahui, dari sekitar 832 orang meninggal dunia berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dua orang di antaranya merupakan pihak Nissan Motor Indonesia (NMI).

Head of Communication NMI menyampaikan kedua orang itu adalah kepala cabang satu-satunya dealer Nissan di Palu, Agus Nugraha, dan tenaga penjual Agiel Septiansyah.

"Kami masih belum tahu bagaimana detailnya. Yang jelas kami menyampaikan duka cita sedalam-dalamnya. Dan untuk kerusakan dealer yang dilaporkan sementara ini sifatnya kerusakan bangunan ringan menengah dan sedang terus dievaluasi," ungkap Hana.



Duka Otomotif Indonesia karena Gempa Sulteng Infografis gempa Sulawesi. Foto: CNN Indonesia/Fajrian

Dealer Hancur 


Selain menelan korban jiwa dari kalangan industri otomotif, fasilitas dealer di lokasi lumpuh karena rusak akibat gempa. Pihak Nissan, Daihatsu, Honda, dan Toyota mengaku mengalaminya.

Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menyampaikan dua dealernya di lokasi mengalami kerusakan.

"Kantor yang di MRM kaca showroom pecah-pecah, atap bagian stock jatuh. Kalau info yang di Kharisma, kondisi bagian luar masih utuh, tetapi bagian dalam kantor belum bisa diketahui karena belum ada yang masuk," kata Amel saat dihubungi, Senin (1/10).

Amelia memastikan musibah yang terjadi tidak merenggut nyawa dari pihaknya.

Sama seperti Daihatsu, dealer Honda mobil pun mengalami kerusakan. Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan ada kerusakan pada kaca dan plafon dealer Honda.

"Tapi karyawan dan staf semuanya aman sampai dengan saat ini. Mohon doanya," ucap Jonfis.


Duka Otomotif Indonesia karena Gempa Sulteng Kerusakan akibat gempa di Donggala. Foto: ANTARA FOTO/BNPB

Sulit Akses Informasi

Sinyal komunikasi yang 'lumpuh' pasca gempa berujung tsunami menjadi kendala para Agen Pemegang Merek (APM) memperoleh informasi terkini.

Executive General Manager Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto mengatakan pihaknya masih menunggu laporan dari setiap jaringan Toyota di sana. Total ada delapan dealer penjualan dan servis Toyota di Palu dan sekitarnya.

"Kondisi dealer ada yang rusak. Kami sedang menunggu laporan dari sana karena mengalami kesulitan komunikasi," ucap pria yang akrab disapa Soerjo ini.

Yamaha juga mengatakan demikian. Manager Hubungan Masyarakat Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro menuturkan bahwa pihaknya belum memperoleh informasi pasti karena akses komunikasi terputus.

Sementara itu Direktur Marketing Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya menuturkan perusahaan masih terus berusaha menggali informasi agar mendapat data setiap dealer dan karyawan Honda yang terkena dampak dari musibah ini.

"Kami berharap kondisi akses komunikasi dan transportasi di sana dapat segera normal sehingga pemulihan kondisi bisa lebih cepat," ucap Thomas. (ryh/fea)