Ikuti Apple, Samsung Disebut Bakal Depak Jack Audio

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/10/2018 14:32 WIB
Ikuti Apple, Samsung Disebut Bakal Depak Jack Audio Ilustrasi audio jack pada ponsel Samsung. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung dikabarkan bakal mengikuti langkah Apple untuk menghilangkan jack audio pada ponsel flagship mereka. Sumber terdekat mengatakan perusahaan asal Korea Selatan tersebut akan mulai mendepak jack audio 3,5 mm pada tahun depan.

Besar kemungkinan ponsel seri S atau Note berikutnya akan menjadi ponsel varian pertama yang tidak dibekali lubang audio. Galaxy S11 dan Note 10 disebut bakal jadi dua varian pertama yang tak memiliki lubang audio jack.

Bukan sekedar meniadakan lubang audio, Samsung dikabarkan tengah mempertimbangkan solusi lain untuk keluaran suara.


Dilaporan ET News, Samsung disebut akan menggabungkan fungsi USC type-C sebagai port untuk isi ulang baterai sekaligus jack audio. Spekulasi tersebut mengemuka setelah melihat solusi serupa yang dilakukan oleh pesaing.

Alasan untuk menghemat ruang dan memangkas ketebalan ponsel disebut jadi pertimbangan Samsung meniadakan audio jack. Kendati demikian, sejauh ini kabar tersebut masih belum dapat dipastikan kebenarannya.

Langkah serupa sudah lebih dulu ditempuh Apple untuk iPhone 7 dan 7 Plus dua tahun lalu. Pertimbangan memangkas ketebalan ponsel juga menjadi alasan Apple mempensiunkan lubang audio 3,5mm.

Sejak saat itu hingga kemunculan tiga iPhone terbaru pada September lalu, Apple masih tak menggunakan auido jack. Sebagai gantinya, satu lubang lightning port juga berfungsi sebagai 'dongle' untuk lubang audio.

Disamping itu, bagi pengguna yang masih ingin memakai earphone 3,5mm Apple menyediakan konektor khusus. (evn)