Mengenal Gurita Bisnis Facebook

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/10/2018 06:20 WIB
Mengenal Gurita Bisnis Facebook Ilustrasi. (Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Siapa yang tak mengetahui FacebookMedia sosial yang booming sekitar satu dekade lalu akhir-akhir sedang marak tersandung masalah.

Namun, di balik kontroversi yang menghampiri, media sosial buatan Mark Zuckerberg ini berhasil 'menyihir' miliaran orang untuk membuat akun.

Facebook memiliki nilai valuasi 519 miliar dolar AS (Rp 7.000 triliun) dan tercatat memiliki jumlah pengguna mencapai 2,2 miliar pengguna aktif.

Untuk mengukuhkan statusnya sebagai jejaring media sosial terbesar, Facebook mengakuisisi berbagai perusahaan telekomunikasi, termasuk akuisisi paling terkenal adalah Whatsapp dan Instagram. Sejauh ini tercatat Facebook memiliki 71 anak perusahaan.


CNNIndonesia.com merangkum akuisisi terbesar dan paling terkenal yang pernah dilakukan Facebook.

1. Whatsapp
Akuisisi Whatsapp merupakan akuisisi termahal yang pernah dilakukan Facebook. Facebook harus menggelontorkan dana US$22 miliar atau sekitar Rp334 triliun. Akuisisi ini dilakukan pada 19 Februari 2014.

2. Instagram
Facebook harus merogoh kocek sedalam US$1 miliar atau sekitar Rp15 triliun untuk menggaet Instagram. Pada Oktober 2015 tercatat 40 miliar foto telah diunggah ke Instagram. Akuisisi ini diduga untuk memperkuat basis aplikasi media sosial di ponsel. Pasalnya, Facebook lemah di bidang mobile apps.

3. Oculus VR
Menjajaki bidang virtual reality (VR) Facebook mengakuisisi perusahaan teknologi VR Oculus. Facebook harus membayar US$2,3 miliar atau sekitar Rp34 triliun. Salah satu produk paling terkenal Oculus VR adalah kerja sama dengan Samsung untuk mengembangkan produk Samsung Gear VR di perangkat Samsung Galaxy.

4. LiveRail
Nama perusahaan ini mungkin kurang dikenal di Indonesia. Facebook diestimasi membayar dalam rentang US$400 juta hingga US$500 juta atau sekitar Rp6 triliun hingga Rp7,5 triliun.

Perusahaan startup ini bisa membantu Facebook untuk mengatur iklan video di News Feed dan menyalurkan para pengiklan. Sebaliknya, Facebook bisa membantu LiveRail untuk bisa mendapatkan klien yang lebih luas.

5. Redkix
Perusahaan ini juga kurang dikenal di Indonesia, RedKix merupakan pengembang teknologi untuk berkomunikasi lebih efektif. RedKix mengombinasi pesan email tradisional dengan aplikasi percakapan yang lebih modern. Facebook harus menggelontorkan dana sebesar US$100 juta, atau sekitar Rp1,5 triliun. (jnp/age)