Instagram Hapus Unggahan Jual Bayi Online

Reuters, CNN Indonesia | Jumat, 19/10/2018 06:00 WIB
Instagram Hapus Unggahan Jual Bayi Online Ilustrasi aplikasi Instagram. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram menghapus unggahan penjual bayi di Surabaya yang menampilkan foto seorang ibu hamil dan bayi dengan wajah diburamkan. Sebelum dihapus, akun tersebut diketahui memiliki 700 pengikut.

Pemilik akun menggunakan dalih menawarkan jasa adopsi anak bagi ibu yang hamil di luar nikah. Namun, pihak kepolisian mengatakan ada bukti transaksi jual beli sehingga bukan tergolong sebagai penyedia jasa adopsi anak.

Anak perusahaan Facebook tersebut mengatakan pihaknya tidak mentoleransi aksi eksploitasi anak. Untuk itu, perusahaan berencana meningkatkan kemampuan peninjauan ulang konten yang diunggah pengguna.


"Kebijakan kami jelas melarang orang terlibat dalam kegiatan kriminal dan mengkoordinasi membahayakan platform kami, yang termasuk penjualan manusia," kata juru bicara Instagram dalam pernyataan resmi seperti dilansir Reuters.

Terkait hal ini, pihak kepolisian memastikan telah menangkap empat orang yang ada kaitannya dengan akun jual-beli bayi tersebut.

Instagram belakangan meningkatkan pengawasan terhadap konten di platform-nya. Sebelumnya, Instagram mengerahkan teknologi machine learning untuk memberantas perundungan (bullying) yang muncul di foto dan keterangan foto penggunanya.

Lihat juga:
Path Resmi Pamit
Nantinya, unggahan yang bernada perundungan akan dikirimkan ke tim operasional komunitas Instagram untuk ditinjau lebih lanjut.

"Perundungan daring sangat rumit, dan kami sadar kami harus bekerja lebih lanjut untuk membatasi perundungan dan membagikan kebaikan di Instagram," ungkap kepala Instagram yang baru, Adam Mosseri dalam blog resminya. (evn)