Corning Buat Kaca yang Bisa Ditekuk Sambut Tren Ponsel Lipat

CNN Indonesia | Jumat, 07/12/2018 10:00 WIB
Corning Buat Kaca yang Bisa Ditekuk Sambut Tren Ponsel Lipat Ilustrasi (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Era ponsel lipat akan segera tiba, untuk itu Corning pun mulai menyiapkan pelapis kaca yang bisa ditekuk-tekuk. Namun belum pasti kapan pelapis layar ponsel ini akan meluncur ke pasar. Sebelumnya, Corning dikenal sebagai produsen pelapis kaca anti gores Gorilla Glass untuk smartphone.

Bulan lalu, Samsung mengumumkan prototipe ponsel lipat pertamanya, Galaxy F. Royole asal China bahkan sudah membuat gebrakan dengan meluncurkan ponsel lipat FlexiPai bulan ini.




Selain Samsung dan vendor China itu, merek-merek seperti Huawei, Xiaomi, Oppo, dan LG juga akan meluncurkan ponsel lipat serupa. Tapi ponsel-ponsel lipat ini tak akan memiliki layar gelas seperti yang selama ini kita kenal. Sebab layar ponsel lipat ini menggunakan plastik agar bisa ditekuk-tekuk banyak kali.

Corning selama ini dikenal sebagai pembuat pelapis layar dari gelas kaca untuk smartphone. Lebih dari sepuluh tahun, perusahaan ini membuat gelas pelindung untuk berbagai perangkat.

"Agar dapat menekuk (kaca) dengan radius yang sangat tipis, Anda mesti membuat (lembaran) gelas yang jauh lebih tipis dari apa yang Anda lihat saat ini. Beberapa kaca yang ada di laboratorium kami lebih tipis dari rambut manusia," jelas Direktur Teknologi Corning, Polly Chu, seperti dikutip CNET.

Prototipe pelapis ponsel lipat Corning masih terbuat dari kaca namun tebalnya hanya 0,1 mm dan bisa ditekuk dengan radius 5 mm, seperti dilansir BGR. Tekukan yang nyaris seperti melipat kertas tanpa menekannya.

Ini bukanlah lembar kaca pertama yang bisa ditekuk. Tapi kaca ini jauh lebih tipis dan lebih fleksiber dari kaca Willow yang mereka perkenalkan beberapa tahun lalu.

Ketika dipegang, lembaran kaca ini sangat mirip dengan lembaran plastik. Sehingga agak sulit dipercaya jika lembaran itu sebenarnya adalah kaca.

Corning percaya bahwa lembaran kaca mereka bakal lebih awet dipakai untuk melapisi ponsel tekuk ketimbang plastik. Sebab, plastik akan lebih mudah tergores, berkerut, dan berubah warna. Sementara warna dan kekokohan gelas akan lebih terjaga.

Namun, lembaran gelas ini masih dalam tahap produksi. Sehingga, kemungkinan perangkat lipat yang akan segera meluncur tahun depan tidak akan memakai lembaran kaca Gorilla Glass ini. FlexPai pun menggunakan lembaran plastik untuk layarnya. Sementara Samsung kabarnya akan menggunakan lapisan transparan polymide untuk ponsel lipatnya.

Corning sudah menjadi produsen kaca sejak abad 19. Mulai dari membuat kaca untuk lentera, lampu, kaca televisi di abad 20 dan saat ini lebih dikenal dari produsen kaca pelapis smartphone. (eks/eks)