Uji Produk

Redmi Note 6 Pro, Tak Jauh Beda dari Note 5 Pro

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 17:21 WIB
Xiaomi Redmi 6 Pro (CNN Indonesia/Harvey Darian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Xiaomi Redmi Note 6 Pro diperkenalkan secara global pada September silam. Dua bulan kemudian, ponsel Xiaomi itu sudah hadir di Indonesia dengan harga Rp2.999.000.

Keunggulan dari ponsel ini adalah menjadi ponsel pertama Xiaomi yang mengusung kamera ganda untuk kamera yang ditempatkan di depan dan belakang. Desainnya juga tak kalah ketinggalan dengan model Android masa kini yang punya 'poni' ala iPhone X.

CNNIndonesia.com mendapat kesempatan menjajal Redmi Note 6 Pro, seperti apa performanya?


Mirip Redmi 5 Pro

Redmi Note 6 ProFoto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick
Serupa dengan Pocophone dan Mi A2 Lite, Xiaomi juga menempatkan "poni" di muka ponsel itu berfungsi sebagai wadah sensor pemindai wajah dan dual kamera yang diklaim Xiaomi telah ditenagai kecerdasan buatan (AI).

Di sela sisa layar yang tak tertutup poni, Xiaomi membiarkan pengguna mengintip notifikasi baterai, sinyal, dan tugas yang sedang dilakukan ponsel, misalnya saat merekam. Khusus bagi pengguna yang tak menyukai poni itu, Xiaomi juga memberikan opsi untuk membuat layar tertutup hitam di bagian tanpa poni sehingga terlihat seperti ponsel biasa.

Namun, penerus Xiaomi Redmi Note 5 Pro yang dirilis pada November 2018 lalu itu seolah tak memiliki perbedaan dari pendahulunya. Dilihat dari punggung ponsel, Note 5 Pro dan Note 6 Pro punya bentuk yang sama persis, termasuk peletakkan dua kamera dan satu flashnya yang berderet ke bawah.

Satu yang sedikit membedakan dua ponsel ini adalah bentang layar Note 5 Pro yang lebih kecil yakni 5,9 inchi dengan rasio 18:9 full view display.

Redmi Note 6 Pro memiliki layar yang lebih besar dari iPhone X maupun pendahulunya yakni 6,26 inci, 2280x1080 Full HD dengan tampilan layar penuh 19:9. Xiaomi juga menyediakan mode membaca yang memungkinkan pengguna untuk melihat layar kuning agar mata tak mudah lelah.

Ponsel ini juga tampak memiliki desain garis dekorasi dan lengkungan alami yang memberikan tampilan lebar yang pas dalam genggaman. Ponsel ini juga terlihat lebih futuristik karena ketidakhadiran tiga tombol utama Android yakni back, home dan task secara fisik. Pengguna hanya perlu menggeser ke atas untuk memunculkan ketiga tombol virtual ketiganya.

Tombol volume dan power sendiri diletakkan di sisi kanan ponsel. Sementara, pemindai sidik jari diletakkan di bagian belakang agar mudah dijangkau jari telunjuk.

Di sisi lain, Redmi Note 6 mendukung penggunaan dual SIM nanoSIM. Dia juga memiliki slot microSD maksimal 256GB.

Ponsel dibuat dari metal yang membuatnya terlihat mewah. Di bagian bawah dan atas punggung ponsel, Xiaomi memberikan bingkai mengkilat yang menambah glamor perangkat ini. Namun harus diakui bahwa ponsel dengan layar lebar ini cukup licin untuk digenggam.


(kst/eks)
1 dari 3