Kesiapan Jaringan Operator Telko Hadapi Libur Tahun Baru

CNN Indonesia | Jumat, 28/12/2018 11:19 WIB
Kesiapan Jaringan Operator Telko Hadapi Libur Tahun Baru Ilustrasi. (Dok. Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator telekomunikasi melakukan optimasi dan peningkatan jaringan pada libur akhir tahun. Peningkatan jaringan ini sudah dilakukan sejak awal libur Natal untuk menghadapi lonjakan konsumsi data.

Telkomsel telah menyiapkan 88 unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dikerahkan di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat. Operator grup Telkom ini pun membangun 776 base transceiver station (BTS) multi-band Long Term Evolution (LTE) baru dengan menyiapkan kapasitas bandwidth hingga 4,2 Tbps.

Selain itu, optimalisasi jaringan dilakukan di 628 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru.


Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan pihaknya telah rutin melakukan uji jaringan.
"Khusus untuk wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian kami juga telah melakukan optimalisasi jaringan. Sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya," ujarnya dalam keterangan resmi.

Telkomsel memprediksi trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 20 persen dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 31 persen.

Sementara itu Smartfren telah melakukan optimasi dan peningkatan jaringan dilakukan di 200 kota besar dan kecil di Indonesia.

VP Government and Industry Relation Smartfren Munir SP mengungkapkan berbeda dengan bulan Ramadhan dan Lebaran, Natal dan Tahun baru umumnya mengalami lonjakan komunikasi di lokasi tujuan wisata, seperti tempat hiburan dan pusat perbelanjaan.
"Terlebih saat ini kebutuhan untuk online dan eksis di social media sangat tinggi. Karena itu, kami prediksi akan terjadi peningkatan traffic data diberbagai tempat tersebut, dan langkah yang kami lakukan adalah dengan melakukan optimasi jaringan di wilayah yang kami prediksikan akan terdampak," ujar Munir.

Munir menambahkan Smartfren prediksi kenaikan traffic akan naik antara 15 persen hingga 18 persen.

Persiapan pun dilakukan oleh XL Axiata dengan meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 site yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan trafik selama libur Natal dan tahun baru.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata.
Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengungkapkan kapasitas jaringan yang tersedia di hari biasa sudah cukup besar dan akan bisa mengatasi potensi kenaikan trafik yang akan terjadi.

"Salah satu yang juga menjadi perhatian tim XL Axiata adalah jaringan di sepanjang jalan tol, Jawa dan Luar Jawa. Menurutnya, keberadaan jalan tol yang baru dan semakin menghubungkan kota-kota utama di sepanjang Pulau Jawa. Maka kebutuhan masyarakat dan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data juga akan berpotensi meningkat di semua area," paparnya.

XL memprediksi trafik layanan yang diprediksi akan mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasa adalah penggunaan layanan data seperti Whatsapp, Instagram dan Line termasuk di dalamnya video streaming.
"Secara keseluruhan untuk periode Natal dan Tahun Baru kali ini, untuk trafik layanan percakapan diperkirakan akan relatif stabil/stagnan, kemudian layanan SMS meningkat sekitar 4 persen dan khusus untuk layanan data diperkirakan meningkat sekitar 15 persen hingga 20 persen," tambah Yessie.

Terakhir, Indosat Ooredoo meningkatkan kapasitas layanan data menjadi 16.200 terabyte/hari. Layanan data saat ini menjadi kebutuhan utama aktivitas telekomunikasi masyarakat seiring dengan tren penggunaan social media dan aplikasi digital lainnya.

Dejan Kastelic, Chief Technology & Information Officer Indosat Ooredoo menjelaskan untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

"Kesiapan jaringan telekomunikasi untuk mengantisipasi setiap lonjakan trafik di masa-masa liburan dan hari raya, menjadi bagian dari strategi penerapan strategi pengembangan jaringan yang kami lakukan setiap tahunnya," ujar Kastelic.

(age/age)