Jualan iPhone Lemah, Apple Genjot Dagang Software

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 19:25 WIB
Jualan iPhone Lemah, Apple Genjot Dagang Software Ilustrasi (Stephanie Keith/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kian lemahnya penjualan iPhone, mendorong Apple untuk membuka kerjasama dengan produsen gadget lain agar layanan software miliknya bisa dimainkan di berbagai perangkat.

Kesepakatan ini merupakan bagian dari strategi Apple untuk mengalihkan sumber pendapatan mereka dari penjualan hardware menjadi berjualan layanan.

Sebab penjualan hardware mengalami penurunan akibat melemahnya penjualan di China, semakin jenuhnya pasar ponsel smartphone global, dan pengguna menggunakan iPhone lebih lama dari sebelumnya. Hal-hal inilah yang menghantam bisnis terbesar Apple.


Kerjasama teranyar adalah kerjasama dengan Samsung agar tayangan iTunes bisa dimainkan di televisi pintar produsen Korea Selatan itu. Sebelumnya, pada November laly, Apple juga membuat kesepakatan dengan speaker pintar Amazon Echo untuk layanan Apple Music. Padahal Apple juga memiliki speaker pintar HomePod yang menjadi saingan Echo.

Dalam beberapa bulan mendatang, Samsung akan membuat aplikasi agar pengguna iTunes bisa memainkan koleksi film mereka di perangkat televisi pintar Samsung. Sementara pengguna Echo bisa memainkan musik dari layanan Apple Music di speaker pintar besutan Amazon.

Kerjasama Apple dengan Samsung kemungkinan merupakan pembuka langkah Apple untuk melakukan kerjasama distribusi konten serupa dengan perangkat lain.

Dengan aplikasi ini, Samsung akan menambakan aplikasi pada televisi pintar mereka sehingga bisa digunakan untuk membeli atau menyewa film dan siaran televisi iTunes. Samsung juga akan menambahkan software Apple Air Play 2, sehingga pengguna iPhone bisa melakukan streaming konten yang ada di perangkat mereka di televisi Samsung.

Saat ini banyak kesepakatan yang dibuat antara perusahaan konten dan pembuat televisi pintar agar pembuat televisi membayar hak penayangan konten di perangkat mereka. Apple dan Samsung menolak berkomentar apakah Apple akan membayar biaya atau persentase penjualan yang dibuat dari konten yang terjual di televisi Samsung.

Sejak 2017, pelanggan yang membeli film lewat iTunes bisa menyaksikannya di perangkat apapun, termasuk televisi Samsung yang mendukung konsorsium Movies Anywhere.

Film dari Warner Bros, Walt Disney, Universal, Sony dan Fox yang dibeli lewat iTunes, Amazon, Google Play, dan Vudu bisa disaksikan di aplikasi, perangkat, dan televisi yang mendukung. (eks/eks)