Calon Turis ke Bulan Bagi-bagi Rp131 Juta via Twitter

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 06:40 WIB
Calon Turis ke Bulan Bagi-bagi Rp131 Juta via Twitter Miliarder asal Jepang Yusaku Maezawa. (Foto: AFP PHOTO / DAVID MCNEW)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon turis pertama ke Bulan, Yusaku Maezawa pada Sabtu (5/1) mengungkap rencana bagi-bagi uang sebesar 1 juta yen atau sekitar Rp131,6 juta lewat akun Twitter pribadinya. Sontak cuitannya itu mendapat beragam reaksi dan di-retweet oleh pengguna Twitter.

Maezawa yang juga merupakan miliarder asal Jepang ini menyebut uang sebesar 1 juta yen akan diberikan secara tunai kepada 100 pengikutnya yang beruntung.

Ia akan memilih secara acar pengikutnya dengan syarat telah membagikan ulang (retweet) cuitannya. Hingga berita ini ditulis pada Senin (7/1) pukul 17.30 WIB, cuitan Maezawa telah diretweet lebih dari 4,7 juta kali dan ia menyebut pertama kali dalam hidup mendapat cuitan terbanyak yang dibagikan ulang.


"Untuk berpartisipasi, yang harus Anda lakukan adalah mengikuti saya dan RT tweet ini," tulisnya dalam bahasa Jepang seperti dilansir dari AFP pada Senin (7/1).



Bukan tanpa alasan, miliarder berusia 43 tahun ini membagikan uang sebagai upaya selebrasi atas pencapaian situsnya Zozotown. Selama periode libur Natal dan Tahun Baru, situsnya itu mengantongi penjualan 10 miliar yen.

Sementara itu, Maezawa sebenarnya bukan orang pertama yang mengumpulkan retweet untuk mewujudkan rencananya. Sebelumnya, seorang remaja asal Amerika Carter Wilkinson mengumpulkan retweet demi mendapat pasokan nugget ayam gratis selama setahun dari waralaba Wendy's.



Pembawa acara Ellen DeGeneres juga pernah memegang rekor retweet terbanyak. Cuitan Ellen kala itu berisi foto dirinya dan beberapa artis top saat menghadiri Oscar 2014.

(kst/evn)