Apple Dikabarkan Rilis iPod dan Pakai USB-C di iPhone

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 11:30 WIB
Apple Dikabarkan Rilis iPod dan Pakai USB-C di iPhone Ilustrasi (REUTERS/Jason Lee)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple kemungkinan akan menggunakan port USB-C pada lini iPhone dan iPad keluaran 2019. Port ini akan menggantikan port lightning yang selama ini digunakan untuk lini ponsel besutan Apple.

Laporan ini didapat dari blog yang kerap memberi bocoran dari para pemasok Apple, Macotakara. Dalam blog itu disebutkan insinyur Apple sedang melakukan transisi ke USB-C namun mereka belum mencapai tahap rancangan referensi.

Berarti bisa jadi rencana ini tidak dilakukan pada 2019, tapi mundur ke 2020. Macotara kerap memberi bocoran jitu soal Apple, meski tak seluruh rumor yang diberikan benar. 


Sebelumnya, Apple telah menerapkan USB-C untuk iPad Pro 11 inci dan iPad Pro 12,9 inci (generasi ketiga) yang keluar tahun lalu. 

Dari sumber yang sama Apple juga dikabarkan akan kembali meluncurkan iPod Touch yang dikenal sebagai pemutar musik portabel.

Terakhir Apple mengeluarkan iPod Touch pada 2015 seharga US$199 (Rp2,8 juta) dengan penyimpanan 32GB dan iPod Classic terakhir keluar di tahun yang sama. Sementara untuk iPod Nano dan Shuffle, Apple berhenti memproduksinya pada 2017.

Meskipun pemutar musik tampak tak lagi populer untuk 2019, Apple mungkin bisa mengisi celah bagi mereka yang gemar berolahraga sambil mendengarkan musik. Namun, mereka tak ingin menghabiskan baterai dan memori ponsel dengan musik yang mereka dengarkan, seperti dilansir The Next Web.Selain itu, iPod Touch yang ditawarkan dengan harga lebih terjangkau akan membantu Apple menumbuhkan pembeli baru dan pelanggan layanan miliknya.

Dengan semakin banyak pengguna iOS, berarti makin banyak pengguna yang akan membayar untuk iCloud, pengguna Apple Music, pengguna App Store, dan iTunes. Produk ini juga bisa menargetkan pengguna yang lebih muda yang tak siap menggunakan smartphone, seperti ditulis 9to5Mac. (eks/eks)