Apple Kabarnya Tak Beri Dukungan iOS 13 ke iPhone 6s

CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 16:00 WIB
Apple Kabarnya Tak Beri Dukungan iOS 13 ke iPhone 6s Ilustrasi (dok. Screenshoot Apple.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembaruan software iOS 13 dikabarkan tidak akan meluncur bagi iPhone yang lebih lawas dari iPhone 7. Ini berarti iPhone 6s, 6, SE, dan 5s sudah tak lagi kebagian pembaruan iOS 13 yang kabarnya akan keluar pada Worldwide Developers Conference (WWDC) yang biasanya dilakukan pada pertengahan tahun.

Selain iPhone, serangkaian iPad lawas juga tak akan kebagian iOS anyar ini, seperti iPad mini 2, iPad mini 3, iPad Air, iPad Air 2 dan iPad mini 4. Sebelumnya, pembaruan iOS 11 dan 12 yang baru-baru ini diluncurkan Apple. Pembaruan kedua iOS tersebut dapat menjangkau mulai dari iPhone 5 hingga perangkat baru iPhone saat ini.

Namun, The Verifier yang melaporkan hal ini tidak menyertakan sumber atau detil bagaimana rumor ini didapat. Langkah yang dilakukan Apple dengan melepas dukungan kepada tiga generasi iPhone sekaligus bukan hal yang biasa. Apple biasanya memberikan dukungan iOS untuk perangkatnya selama mungkin.


Sebab, terakhir ketika iOS 12 meluncur, sistem operasi ini masih mendukung perangkat yang berusia 5 tahun. Dengan hanya memberikan dukungan iOS 13 bagi perangkat iPhone 7 dan ponsel terbaru, berarti Apple hanya memberikan dukungan bagi ponsel keluaran 2016 dan perangkat yang lebih baru.

Keraguan lain lantaran situs itu menyebut jajaran perangkat yang satu angkatan dengan iPhone 6s tanpa menyebut iPad generasi kelima. Padahal keduanya sama-sama menggunakan cip A9.

Situs asal Israel itu juga menyebut kalau Apple membatasi beberapa fitur iOS 13 di perangkat lama untuk membuat pengguna iPhone atau iPad tipe lama agar beralih ke model perangkat yang lebih baru.

Apple memang beberapa kali melakukan pembatasan fitur bagi perangkat lawas miliknya. Namun, Apple telah dikenal sebagai perusahaan yang selalu mendukung perngkat lamanya.

Sebelumnya, The Verifier sempat memberikan informasi semi akurat mengenai rencana Apple. Pada 2017, situs ini memberikan bocoran kalau Apple akan meluncurkan FacceTime grup untuk iOS11. Namun, grup FaceTime baru meluncur pada iOS 12 di 2018, seperti dilaporkan MacRumors. (din/eks)