Instagram Story Jadi Fitur Favorit Pebisnis Pasarkan Produk

CNN Indonesia | Selasa, 05/03/2019 14:56 WIB
Instagram Story Jadi Fitur Favorit Pebisnis Pasarkan Produk Ilustrasi Instagram Story. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia -- Country head Facebook Indonesia Sri Widowati mengungkapkan Instagram Story jadi fitur favorit pebisnis dalam memasarkan produk mereka kepada konsumen.

Adanya interaksi aktif antara pebisnis dengan konsumen lewat komentar di unggahan IG Story menjadi alasannya. Widowati mengatakan saat ini fitur Story digunakan oleh dua juta pelaku bisnis di Indonesia.

"Total keseluruhan 7 juta pelaku bisnis di Indonesia dengan 2 juta di antaranya paling banyak menggunakan fitur Story. Menunjukkan ekspresi dan interaksi sehingga konsumen bisa menanyakan harga dan lainnya," ucap Widowati disela diskusi media di kantor Facebook Indonesia di Jakarta Selatan, Selasa (5/3).


Disamping itu, ia juga menerangkan jika pebisnis bisa menampilkan koneten video secara vertikal untuk mengenalkan produk. Menurutnya, video vertikal lebih efektif dalam menunjukkan sisi detail suatu produk ketimbang video horizontal.

Sebelumnya pada November lalu, Facebook bersama IPSOS melakukan survei terkait Instagram terhadap bisnis di Indonesia. Survei yang melibatkan 3.102 pengguna Instagram berusia 13 tahun ke atas serta 502 pengguna profil bisnis dari kalangan UKM.

Untuk sampel UKM, IPSOS mewawancarai 102 pemilik yang bertanggung jawab untuk kegiatan pengiklanan, pemasaran, humas dan menggunakan Instagram atas nama perusahaan mereka.

Widowati mengatakan 90 persen pengguna instagram yang disurvei menggunakan instagram untuk berkomunikasi dengan pebisnis.

"Sedangkan, 76 persen pernah membeli produk setelah menemukan merek produk tersebut di Instagram. 66 persen responden mempertimbangkan membeli produk atau jasa yang dilihat di Instagram," jelasnya.

"45 persen sangat setuju bahwa melihat orang lain yang memulai usaha di Instagram, membuat mereka berpikir untuk mencoba membuka usaha," sambungnya. (din/evn)