Ilmuwan Mulai Penelitian 'Hidupkan' Dinosaurus

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 20/06/2019 08:58 WIB
Ilmuwan Mulai Penelitian 'Hidupkan' Dinosaurus Ilustrasi. (pixel1/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka dapat membuat dinosaurus hidup dalam beberapa tahun mendatang. Inspirasi penelitian ini berasal dari tokoh protagonis Jurassic Park Dr Alan Grant.

Dr Grant merupakan merupakan ujung tombak penelitian genetika yang dapat merekayasa dinosaurus kembali ke peradaban dalam lima dan 10 tahun mendatang.

Dilansir dari Entrepreneur, kunci dari menciptakan kembali makhluk prasejarah terletak pada cara kerja untaian DNA kuno. Asumsi ini berlanjut dalam pembelajaran tentang degradasi DNA dari waktu ke waktu.


Berangkat dari hal tersebut, sekelompok ilmuwan di Harvard dan Yale mulai mengalihkan perhatian mereka ke ayam.
Dr Jack Horner mengungkapkan burung merupakan dinosaurus sehingga mereka hanya perlu memperbaiki sehingga mereka 'lebih mirip' dinosaurus.

Dalam upaya untuk membalikkan evolusi, tim telah membuat langkah signifikan dalam bermutasi ayam kembali ke makhluk dari mana mereka berasal. Jika itu tidak cukup penyambungan dan pencelupan genetik, para ilmuwan Harvard baru-baru ini mencoba melakukan hal serupa dengan memasukkan gen mammoth berbulu ke dalam gajah untuk menciptakan kembali binatang buas yang punah.

Jika empat perbedaan utama antara dinosaurus dan burung adalah ekor, lengan, tangan, dan mulut mereka, Horner dan tim telah membalik saklar genetik tertentu dalam embrio ayam untuk merekayasa balik paruh burung menjadi moncong seperti dinosaurus.
"Sebenarnya, sayap dan tangan tidak sesulit itu," kata Horner.

"Ekor adalah proyek terbesar," katanya.

"Tetapi di sisi lain, kami dapat melakukan beberapa hal baru-baru ini yang memberi kami harapan bahwa itu tidak akan terlalu lama." (age/age)