Studi: AI Faktor Penting Layanan Digital

CNN | CNN Indonesia
Selasa, 02 Jul 2019 01:32 WIB
Studi Microsoft dan IDC menunjukkan fakta penting kegunaan AI untuk layanan digital. Ilustrasi. (Istockphoto/metamorworks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Microsoft dan IDC melakukan studi terkait kepercayaan konsumen terhadap perusahaan penyedia layanan digital. Salah satu hasilnya mereka menyebut Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi salah satu faktor pendukung penting di layanan digital saat ini.

Kesadaran konsumen Indonesia soal teknologi AI cukup tinggi. Dalam studi ini menyebutkan ketersediaan informasi dari berbagai sumber membuat mereka lebih melek soal AI.

Head of Operations IDC Indonesia Meivira Munindra mengungkap hampir sebagian partisipan atau tepatnya 52 persen mengetahui soal AI lewat pemberitaan di media.
Selain itu, studi ini juga menyebut sebesar 71 persen konsumen di Indonesia memiliki ekspektasi positif terkait dengan masa depan AI.


"Angka optimistik di Indonesia kami temukan lebih besar dibanding dengan rata-rata Asia Pasific yang hanya 49 persen, itu bisa menjadi opportunity bagi masyarakat Indonesia," jelasnya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (26/6).

Lebih lanjut, Meivira menyebut 86 persen konsumen Indonesia mengaku percaya bahwa teknologi AI bukan menggantikan mereka dalam bidang pekerjaan, namun justru membantu mempermudah dan meningkatkan performa pekerjaan.
Sedangkan 15 persen mengaku bahwa kehadiran AI mengurangi peluang mereka dalam melakukan rutinitas pekerjaan berulang, sedangkan 49 persen optimis bahwa AI dapat membantu melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Konsumen Indonesia menempatkan industri industri telekomunikasi dan media paling tinggi dalam pemanfaatan AI untuk meningkatkan hidup mereka. Kemudian di posisi kedua di tempati lembaga pendidikan, dan terakhir layanan keuangan.

"Dalam hal ini konsumen sudah bisa merasakan manfaat AI itu sendiri seperti apa, ada pengalaman konsumen di sana," tandas Meivira. (din/age)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER