Uji Gim

Praktik Sihir dalam Gim Harry Potter Wizards Unite

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Selasa, 13/08/2019 16:49 WIB
Harry Potter: Wizards Unite. (Screenshot via harrypotterwizardsunite.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah sukses membuat pencinta Pokemon 'ketagihan' mengejar Pikachu, Niantic kembali hadir dengan gim Augmented Reality terbaru. Kali ini Niantic memilih tema dunia sihir dengan tokoh favorit anak ciptaan J.K Rowling, yakni Harry Potter.

Dengan nama Harry Potter: Wizards Unite, Niantic membawa para pemain menjelajah dunia sihir, dari mulai Hogwarts, Kementerian Sihir, Dragon Alley hingga sihir dunia hitam. CNNIndonesia.com telah menjajal gim ini beberapa pekan sejak kehadirannya di Google Play Store dan App Store, Juni lalu.

Pemetaan Serupa Tapi Tak Sama


Memulai permainan AR ini, pemain harus memilih asrama mana yang akan ditempati di Hogwarts, yakni Gryffindor, Slytherin, Ravenclaw dan Hufflepuff. Jika dalam Pokemon Go, pemain dapat memilih masuk tim Valour, Mystic, dan Instinct.

Pokemon akan menampilkan versi animasi 2D pemain, sementara dalam Wizard United akan menampilkan surat ID yang lengkap dengan foto profil, jabatan, asrama hingga kemampuan.

Selanjutnya, tak jauh berbeda dengan Pokemon, pemain Wizard United pun harus berjalan untuk mencari item yang akan ditangkap.

Jika sebelumnya pemain telah fasih dengan lemparan Pokeball dalam gim Pokemon Go!, kali ini pemain akan mengacungkan tongkat sihir untuk menangkap para tokoh dan benda magic dalam dunia sihir.

Dari sisi pemetaan, konsep Pokestop pun tetap ada dalam Wizard United. Namun, jika dalam Pokemon hanya terdapat Pokestop dan Gym and Raid. Gim ini memiliki tiga tempat yakni Greenhouse, Dining dan Fortress.

Jika dibandingkan, Pokestop akan 'head-to-head' dengan Greenhouse dan Dining. Pokestop tempat pemain mengisi 'tas' dengan pokeball hingga berbagai macam item seperti potion dan revive. Dalam Greenhouse, pemain dapat mengisi spell energy dan item untuk membuat potion.

Lokasi Fortress dalam dunia nyata pun kurang lebih dekat dengan titik Gym and Raids dalam Pokemon Go! Begitu pula dengan Greenhouse dan Dining versus Pokestop. Nampaknya, Niantic tak perlu repot membuat pemetaan baru.

Review ini masih berlanjut ke halaman berikutnya... (age)
1 dari 6